Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
Pakaian; Seberapa pentingnya sebuah pakaian
Topic Started: 26 Jun 2013, 10:55 PM (323 Views)
aidouyuukihara
Member Avatar
Cello ... cello ... cello ...
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Ini yang selalu jadi masalah buat saya. Saya tipikal manusia yang pakai baju asal. Yang penting nggak telanjang dan kemana-mana pakai model yang serupa (kaos, jeans, sepatu converse). Ini berpengaruh banget sama tulisan saya. Rasanya gak asik aja kalau misalkan saya nulis selalu mengabaikan pakaian. Pernah nulis ff dengan detil pakaian yang lumayan dari biasanya, itu aja harus lama banget karena saya gak tau istilah-istilahnya. Googling mati-matian dan cukup memuaskan hasilnya (walau saya haus untuk lebih kece lagi).

Saya suka minder sama beberapa penulis yang kalau deksrip pakaiannya bagus banget. Terkadang saya bacanya terkagum-kagum gitu dan nggak ngerti dengan term pakaian yang mereka pakai. Toh saya cuma taunya kaos dan jeans doang. Kalau bener-bener mandek, dulu suka saya skip deskrip pakaian mereka (habisnya bener-bener buta). Berhubung sekarang saya udah tobat, saya mencoba untuk meresapi istiah-istilah itu, tapi ya... tetep aja.

Teman-teman sendiri bagaimana nih tanggapannya soal deskrip pakaian?

Dan kalian sendiri kalau buat cerita, deskrip pakaiannya bisa dapet ide dari mana dan tahu istilah-istilahnya itu bagaimana?

Kalau ada yang punya link-link, bagi dong. Saya butuh banget. Habisnya gak enak juga kalau buat cerita yang isinya gadis feminin, tapi deskrip penampilannya terlalu gamblang dan nggak berkesan.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Moonlight M3lody
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Quote:
 
Toh saya cuma taunya kaos dan jeans doang. Kalau bener-bener mandek, dulu suka saya skip deskrip pakaian mereka (habisnya bener-bener buta).

Saya banget :writes:

Jujur, saya nggak tau bedanya model baju A, B, C, atau D jadi daripada salah ya saya lebih suka menghindari penyebutan model baju spesifik.
Sampai sekarang saya nggak pernah deskrip pakaian karakter. Apalagi karena saya di fandom RPG yang notabene kostum khas karakternya sudah ada, biasanya nggak jadi masalah. Kalaupun ada penyebutan kostum yang berbeda, itu juga diambil dari kostum alternatif yang sudah ada di canon-nya.

Kesannya pemalas banget ya?
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
pala
Member Avatar
Jungian Lovers
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Deskrip pakaian itu tergantung kebutuhan. Untuk menjelaskan setting waktu/tempat (dari universe fandom tersebut) dan kondisi jiwa tokoh.

Misalnya tokoh yang tinggal di dusun terpencil di daerah gurun Mongolia pakaiannya tentu berbeda dengan tokoh budak di daerah pantai India yang saat itu masih belum merdeka dari Inggris. Atau tokoh wanita Inggris dari Victorian Era bakal memakai busana berbeda dengan wanita desa di Jepang di era Restorasi Meiji. Itu dari sisi setting. Sedangkan untuk kondisi kejiwaan, misal si tokoh mengidap depresi berkepanjangan. Dia cuma memakai kemeja putih atau kaus compang-camping, bernoda makanan atau alkohol misalnya, kucel, dekil, bau. Atau ketika si tokoh adalah pemimpin kharismatik. Deskripkan kemejanya rapi, bersih, dsb. Pilihan warna sesuai acara. Atau tambahkan sedikit twist. Ternyata si tokoh buta warna dan di tiap pakaiannya ada sulaman kecil tulisan dari warna pakaian tersebut. Misal di ujung kemeja disulam kata "biru" atau "putih".

Untungnya fandom saya cuma hakama hitam, kadang haori putih atau baju seragam sekolah abu-abu. Dan seringnya yang saya tulis itu tokoh cowok jadi saya ga repot mikir pakaian. ^^

Istilah fashion saya nemu di sini: fashion dictionary. Ada penjelasan utk masing2. Untuk contoh baju ada di sini fashion blog, ini juga. Gugling aja fashion blog. Pasti ketemu.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Arsa
Member Avatar
queen of screamo♕
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Langsung bookmark link dari Kak Pala XD

Saya belum terlalu sering sih deskrip tentang pakaian, tapi biasanya saya menggunakan acuan dari majalah remaja yang ada section fashionnya. Atau juga googling, kayak sarannya Kak Pala. Cara lain sih... ya ikutan Okaa-san belanja baju di online shop nggak wajib atau tanya-tanya teman yang lumayan mengerti fashion juga. Hal-hal ini cukup membantu kok, supaya bisa lebih 'melek' dengan deskripsi pakaian :happywaves:
semoga komen saya berguna :writes:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
aidouyuukihara
Member Avatar
Cello ... cello ... cello ...
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Ahaha, selama ini saya selalu menghindari karakter yang peduli banget dengan pakaiannya. Kebanyakan fanfiksi yang saya buat itu karakternya gak peduli pakaian. Kalau memang terpaksa menjelaskan pakaian apa, saya pakainya deskrip singkat (contoh: bajunya formal). Tapi sekarang ini saya mau coba yang lebih nganu. Pengen buat cerita yang ada karakter peduli penampilan. Omong-omong ceritanya bertema tahun 1980, tapi dianya itu keturunan bangsawan inggris. Tipikal manga kuroshitsuji gitu.

Makasih banget, Pala! Link-link mu aku bookmark. Karakter cowok emang jarang yang mikirin penampilan sih, tergantung kastanya juga. Saya seumur-umur baru kali ini pengen coba latar yang berbeda.

Melodi: Ahahaha... nggak kamu aja kok yang pemalas, aku juga sampai sekarang masih nganu sama deskrip. Nggak cuma deskrip pakaian aja. Tapi bagi saya sih yang paling sulit emang deskrip pakaian. Kalau yang lain lebih mudah di google.

Arsa: iya, aku juga begitu. Cari di online shop terus pantengin nama bagian-bagiannya. Tapi suka susah juga nyari yang pas. Habisnya terlalu nganu #banyakmaunya.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Saya juga kesulitan banget mendeskripsikan pakaian. Bukannya saya ini buta fashion sih. Bayangan punya. Malah kadang udah goggling buat nyari model dress yang bagus (biasanya saya butuh deskrip pakaian buat baju pesta). Tapi.... walaupun sudah ada gambar, saya tak tahu bagaimana cara mendeskripsikannyaaaa /nangis

Terlalu banyak model yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. T____T
Edited by Ann-chAn, 27 Jun 2013, 06:23 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
suzu
Member Avatar
ganteng
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
deskrip pakaian... saya nggak terlalu sering tulis sih, soalnya males. saya banget, haha -_- tapi ngiri juga kalo lihat deskrip soal pakaian yang detil banget itu, terutama di fic bahasa inggris. saya tau sedikit soal istilah fashion, tapi ya kadang pas ketemu istilah yang asing saya cuma bisa bengong, nggak bisa bayangin bajunya kayak gimana.

tapi walaupun tau istilahnya juga, tetep aja mendeskripsikannya itu susah banget >_> suka nggak nemu kata yang cocok, dan takutnya malah aneh. karena kurang ngerti, takut penjelasannya salah =w=
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Sky
Member Avatar
Free to unleash what I have in mind, is what I call as freedom
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Saya juga kesulitan kalau disuruh mendiskripsikan pakaian, jujur saya ini kurang mengerti mode pakaian. Sama seperti yang di atas sih, terkadang saya juga terkagum-kagum sama penulis yang bisa mendeskripsikan penampilan (pakaian) si karakter yang ia tulis. Pernah saya mencoba, tapi hasilnya malah aneh.... akhirnya saya rubah sesuai style yang saya bisa. Secara umum kalau menulis itu saya tidak terlalu pusing untuk mendiskripsikan pakaian karakter, paling cuma "mengenakan kemeja warna bla bla bla..." seperti itu saja :happywaves:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Michelle Aoki
Member Avatar
because I love sunflower
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
calon desainer harusnya udah apal diluar kepala kalo istilah dalam dunia fesyen /plakplok

sayangnya, saat nulis penpik, saya jarang banget mendeskripsikan pakaian karena fandom yang tidak memungkinkan _(:3 」∠)_ paling sering juga seifuku sama gakuran. lagipula, berdasarkan pengamatan saya, hampir semua karakter di fandom anime itu jarang ganti baju :touched: jadi kalo deskripsiin karakter dengan pakaiannya ya dari penpik A sampe Z ya sama aja. kecuali kalo di salah satu plot penpik si karakter harus kondangan atau salaman sama presiden lain ceritanya :P

kalo gasalah saya nemu penpik yang deskrip pakaiannya bagus banget, sayang discon T_T fandom Naruto http://www.fanfiction.net/s/6479240/1/Wedding-Dress
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
aidouyuukihara
Member Avatar
Cello ... cello ... cello ...
[ *  *  *  *  *  *  * ]
@Aoki: aaah!!!! Makasih banyak link fanfiksi-nya, aku barusan skimming buat liat deskrip pakaiannya. Nggak kaku gitu pembawaannya~
Hm, iya sih... kalau di anime gitu mereka bajunya itu-itu aja, kecuali emang temanyaa anime fasshion (biasanya mereka gonta-ganti baju). Saya biasanya buat AU yang lebih ke daily life (gila aja loe mau nulis RPG, kostumnya kan amit-amit).

@Ann: ahaha... betul banget. Udah liat gambarnya kece banget, tapi pas diketik rasanya gak keliatan kece-nya. Belum lagi bingung sama bahan bajunya itu. Kain aku tahunya juga yang standar-standar banget, semacam satin/katun/syifon/dsb. Kadang gaun-gaun gitu mau yang sederhana pun pasti ada sesuatu yang menonjolnya, rasanya kalau di tulis 'sederhana' secara lisan gak akan kebayang keindahannya mau karakter yang dipakaiin bajunya itu cantiknya selangit (kekuatan deskripsi).
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Waffle R. Dewey
Member Avatar
Writer of Darkness World
[ *  *  *  *  *  *  * ]
hiharadena
 
Teman-teman sendiri bagaimana nih tanggapannya soal deskrip pakaian?
Dan kalian sendiri kalau buat cerita, deskrip pakaiannya bisa dapet ide dari mana dan tahu istilah-istilahnya itu bagaimana?

Menurutku pakaian berpengaruh cukup besar, karena itu salah satu yang membuat pembaca bisa ikut merasakan kejadian di dalam cerita.
aku bahkan sempat tanya-tanya jenis-jenis pakaian itu apa saja baik itu atasan, bawahan, bahkan dalaman.. :waves2:
well, soalnya menurutku hal itu menunjang pendeskripsian ceritaku :writes:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Kamen Rider Official Fanboy
Member Avatar
"I love everything that contain dark."
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Kalau di fanfic Rayhan, sih, jarang banget namanya deskripsi pakaian. Kalau ada pun, nggak detail banget pendeskripsiannya.

Biasanya istilahnya Rayhan dapet dari searching di Google. Kadang juga ide dan istilah dua-duanya dari fanfic juga. ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone