Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
Membedakan AU & AR; I'm confused, really.
Topic Started: 3 Jun 2013, 08:37 PM (420 Views)
Arsa
Member Avatar
queen of screamo♕
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Pertama-tama, topik ini beda sama topiknya Cha-nee kok ^^
Ya ampun, setelah sekitar 3 tahun malang melintang di ffn menggunakan akun yang berbeda-beda, saya baru sadar bahwa pengetahuan saya tentang AU & AR sebenarnya masih kurang :touched:

Masalahnya akhir-akhir ini saya memikirkan tentang bedanya AU dan AR. Kalau AU itu Alternate Universe, jadi menurut saya universe atau settingnya berbeda dari aslinya. Lalu kalau AR itu 'kan Alternate Reality, jadi kenyataan di dalam fanfic yang kita buat berbeda dengan kenyataan yang terjadi kisah aslinya. Lalu yang lebih penting, bagaimana cara membedakannya? Saya merasa, kadang fic saya yang AU itu juga AR, begitupun sebaliknya. Dan saya mulai bingung sendiri ketika menulis fanfic, apalagi seperti Vocaloid. Harus menulis AU atau AR di summary, atau malah keduanya.

Tolong beri komentar Anda, semoga dengan thread ini kita bisa sama-sama mengerti :love:


PS: Maaf pertanyaannya merepotkaaan :writes:
Edited by Arsa, 3 Jun 2013, 08:50 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
qunnyv19
Member Avatar
luxurious
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Halo Arsa :excited:

Mengenai pertanyaanmu soal AU & AR, dulu saya juga bingung membedakannya, tetapi sekarang saya mulai mengerti walaupun masih rada bingung

Kalau menurut saya sih, AU itu benar-benar bukan Canon, yeah, Alternate Universe, lah, seperti bagaimana kita mengetahuinya. Setting sangat berbeda dari Canon, contohnya: Harry Potter itu anak sopir angkot yang tinggal di Jakarta, atau Naruto itu orang bule. Sementara AR; Alternate Reality; itu melenceng dari cerita Canonnya. Misalnya untuk novel Harry Potter, Severus Snape hidup lagi; padahal di cerita asli J.K. Rowling sudah 'membunuh'nya. Lalu misalnya lagi untuk animanga Naruto, Minato dan Kushina dianggap hidup padahal sudah meninggal sebelum cerita dimulai. Jadi, semacam semi-canon gitu, lah (/.\)

Maaf kalau penjelasannya kurang jelas, saya juga baru bergabung dengan dunia fanfiction baru-baru ini. Semoga membantu! :love:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ShiueFha-chan
Member Avatar
Honored Canon OTP! ^^
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Lebih jelasnya sih, AU adalah jenis fic yang menggunakan character suatu fandom tapi ceritanya benar-benar berbeda dari apa yang terjadi di canon, tanpa merubah ke-IC-an dari character yang dipakai, sementara AR adalah jenis fic yang masih tetap mempertahankan sebagian besar dari cerita canon dan memodifikasi sebagian kecil dari cerita canon tersebut.

Yang keren sih, kalau dalam satu fic bisa mengkombinasikan keduanya (biasanya sih, ini bisa terjadi di fic crossover).
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Arsa
Member Avatar
queen of screamo♕
[ *  *  *  *  *  *  * ]
@qunnyv19: Terima kasih jawaban dan contohnya, jelas kok :happywaves: dan halo juga hehehe.
@ShiueFha-chan: Hoo... jadi kalau kita bikin fanfic yang canon-nya agak di twist gitu, termasuk ke AR ya~?
Edited by Arsa, 14 Jun 2013, 08:20 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
qunnyv19
Member Avatar
luxurious
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Sama-sama, arsa! :dance: kalau misalnya saya salah, tolong beritahu saya, ya :touched:

Nice to know you! :love:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Moonlight M3lody
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Rata-rata fandom yang saya ikuti mencampur keduanya sebagai AU jadi rada susah juga pas ngobrol sama authornya. Menurut saya jawaban qunnyv19 dan ShiueFha-chan udah benar kok.
Vocaloid memang sulit ya dikategorikan. Menurut saya pribadi seluruh fic Vocaloid itu AU karena canon-nya sendiri memang tidak punya plot baku.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Arsa
Member Avatar
queen of screamo♕
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Moonlight Melody: Terima kasih atas tambahan penjelasannya ^^ Memang iya sih, karakter para Vocaloid kadangkala agak rancu, karena kepribadian mereka di setiap lagu berbeda-beda. Ah, terima kasih juga buat yang sudah mau menjawab pertanyaan (membingungkan) saya *bows*
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
« Previous Topic · Fanfiction...? · Next Topic »
Add Reply


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone