Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
Batasan penghalang
Topic Started: 7 Oct 2012, 03:15 PM (236 Views)
mommiji
Member Avatar
The Silent One
[ *  *  *  *  *  *  * ]
eto, halo. saya mommiji. ini topic pertama yang berani saya buat setelah memantapkan hati. Saya udah coba baca index dan sepertinya belum ada, tapi jika memang sudah pernah ada, silahkan mod bertindak

pertama saya mau tanya pendapat kalian soal moto FFnet sendiri, 'Unleash Your Imagination' menurut kalian semua apakah ada batasan dari kata-kata itu sendiri?

maksudnya, kan sampai ada flamer yang mencerca suatu fanfic, padahal author tersebut hanya mencoba menulis tokoh favoritnya melakukan sesuatu seperti yang ia bayangkan.

kedua mengacu pada pertanyaan Beatrixmalf di post Kamus Fanfiction
Kenapa AU Highscool sering dipandang negatif dan banyak yang tidak suka?
Sebenarnya sudah ada yang menjawab, tapi saya mau tahu pendapat kalian semua yang pastinya beda-beda

terus, waktu masih jadi newbie pernah dapet review yang pedas sampai pingin mundur gak, kenapa?

yang terakhir, selain WB dan keterbatasan waktu, faktor lainnya yang paling menghalangi buat bikin fanfic itu apa?

maaf kalau pertanyaannya terdengar bertele-tele. Tapi saya hanya penasaran saja mengenai pendapat kalian. Tanyakan saja jika ada yang kurang jelas ^^
Edited by mommiji, 7 Oct 2012, 03:18 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Sanich Iyonni
Member Avatar


Quote:
 
Kenapa AU Highscool sering dipandang negatif dan banyak yang tidak suka?


Soalnya udah banyak banget yang bikin fanfic dengan setting seperti itu dan rata-rata ceritanya begitu. Dulunya juga nggak dipandang negatif kok, bahkan saya yakin ada beberapa fanfic AU highschool yang bagus. Masalahnya lebih banyak fanfic bersetting AU highschool yang jalan ceritanya picisan dan pasaran, plus tokoh-tokohnya dibikin OOC banget. Walaupun tidak menggeneralisasi, biasanya orang udah males baca fanfic bersetting AU highschool.

Memang kata-kata "unleash your imagination" itu membebaskan imajinasi penulis fanfic, tapi sebebas-bebasnya imajinasi pun, yang namanya fanfic ya punya batasan, karena karakter yang kita pakai milik orang lain. Kalau mau yang tidak dibatasi ya tulislah orific. ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
mommiji
Member Avatar
The Silent One
[ *  *  *  *  *  *  * ]
oh, iya. jadi emang ada batasan ya?
saya mulai mengerti sedikit-sedikit

makasih jawabannya Sanich-san ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Magma Maiden
Member Avatar
wybu hyna
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Ki, kirain thread ini membahas soal pembatas fanfic di FFn... ternyata...

ahem. Setuju sama Sanich-san, karena AU highschool itu pasaran dan kadang tidak diolah dengan baik, di mata sebagian besar readers AU highschool udah jelek duluan kelihatannya. Saya juga agak males sih baca AU model begitu, apalagi yang summary-nya mengandung "summary jelek / gabisa bikin summary / gatau mau nulis summary apa".

Tentang moto FFnet: saya lumayan sering menemukan author yang 'kebablasan' menginterpretasikan moto itu. Fokus ceritanya pindah ke OCs yang mereka buat sendiri, walau dunianya masih di fandom tertentu. Sebenarnya nggak apa-apa sih, cuma readers yang mengharapkan kemunculan karakter-karakter canon jadi kecewa. Kalau sudah begini hijrahkan saja ke AO3 :writes:

Tentang review: kalau dicerca/flamed sampai pingin mundur alhamdulillah nggak pernah. Tapi saya pernah ngasih review yang waktu dicek beberapa minggu kemudian, fic itu udah nggak ada di arsip; author-nya juga entah ke mana :writes: setelahnya saya introspeksi--sepertinya review saya itu memang agak keras. Bukan flame, saya nggak mau ngasih flame soalnya, tapi fic itu bener-bener saya kupas habis-habisan dari typo sampai taburan OC (yang sudah menunjukkan gejala MarySue/GaryStu) dan tiadanya karakter canon (disebutin aja nggak). Kalau sudah hilang begitu... saya cuma bisa berdoa semoga fic si author berikutnya lebih baik lagi... :writes:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
ZetaBoards - Free Forum Hosting
Create your own social network with a free forum.
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone