Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
infamagz: your style, your imagination! :); (previously: majalah fanfiksi)
Topic Started: 2 Jan 2012, 02:02 PM (6,363 Views)
Ryuna Ohime
Member Avatar
Ve~ve~
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Memang seandainya ini bakal dicetak sebaiknya tidak menulis fanfic apa pun didalamnya :)

btw, idenya manis, aku dukung :)
Aku sedang menimba ilmu sebagai graphic designer juga kalau dibutuhkan siap kok mau bantu ^^

:)


Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ryuna Ohime
Member Avatar
Ve~ve~
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Salam Sejahtera Para Redaksi :)

Berhubung saya tidak pernah di dunia jurnalistik dan kita semua author FFN, maka saya yakin pada kemampuan menulis para teman sekalian ^^ Sepanjang saya membaca Infamagz, bahasanya mudah dicerna dan bersahabat sehingga tidak ada masalah dalam bidang penulisan ^^ Dalam waktu singkat bisa membuat 50 halaman sekaligus itu menurut saya suatu pencapaian yang luar biasa. Salut untuk semua redaksi! :love: Saya sudah mengisi kuisioner dan keluhan+saran (tentang layout design-logo) yang mau saya tuliskan ini tidak jadi saya tulis di sana karena ingin berdiskusi langsung dengan para redaksi hehe ^^ boleh?

1. Logo
Bentuknya dibuat satu style dengan logo infantrum kan? ^^ Itu bagus, memberikan kesan bahwa Infamagz memang lahir dari Infantrum atau bisa dibilang saudara juga :) yang ingin saya tanyakan ialah warna dari logo Infamagz. Apakah ada alasan khusus menggunakan warna kuning? Saya lihat di (kalau ga salah) blog, ada bintang-bintang kecil didalam tulisan logo seperti di logo Infantrum. Permainan di warna untuk logo Infantrum itu bagus. Kontras terlihat, tetapi untuk Infamagz, bintang-bintang itu nyaris tidak terlihat karena warna bintang itu putih sementara warna logo sendiri itu kuning terang. Perlu diketahui bahwa warna putih dan kuning tidak bisa digunakan bersama karena tidak ada kontras ^^ Sebaiknya dipakai warna yang kontras agar mata juga enak memandang ^^

2. Huruf
(di) Cover: Tracking (jarak antara huruf) terlalu sempit. Jenis font yang digunakan terlalu fancy dan pilihan warna yang senada dan tidak kontras dengan background membuat susah dibaca.
(di) rubriks: Variasi ukuran huruf di setiap rubrik tidaklah memenuhi aturan layout design dimana jenis dan ukuran huruf untuk keterangan/isi adalah sama. Sans serif typeface memanglah yang terbaik untuk digunakan membaca dalam majalah karena mudah dibaca. Tapi ukuran huruf untuk bagian isinya itu haruslah sama dan sebaiknya tidak menggunakan justified align karena akan menciptakan jarak setiap kata sehingga tidak rapi. Ukuran, jenis, dan jarak huruf haruslah sama setiap rubrik. Hanya Judul rubrik yang boleh berbeda fonts tapi terbatas berapa jenis yang bisa digunakan.

3. Garis
(di)Pinggir: Garis tepi yang dibuat di tiap halaman itu rapi. Tapi bisa lebih enak membaca kalau dihilangkan ^^ Pusat garis itu saya pikir dari kotak halaman di sudut pinggir bawah. Halamannya sudah bagus diberi kotak seperti itu, namun garis tepi yang tebalnya saya tebak 1 pt itu sedikit mengganggu penglihatan ^^ Kalau memang mau dipakai, sebaiknya tebalnya 0.25 pt saja. Tipis tapi masih bisa kelihatan ^^
(di)setiap halaman: Garis miring yang mengisi setiap halaman itu apakah ada maksud khusus? Garis yang digunakan itu memang sedikit transparan (mungkin 60-70% transparan) tapi terlihat sangat jelas dan bertabrakan dengan tulisan diatasnya. Apa maksud saya? Adalah masalah terbesar di layout ini ^^ Garis miring ini sangat mengganggu tulisan yang digunakan sehingga susah dibaca. Jenis huruf yang ditulis adalah sans serif yang cukup tipis sementara garis miring itu cukup tebal sebagai background saja. Tolong, majalah ini sebaiknya tidak menggunakan garis miring ini di satu halaman penuh kecuali ada box tersendiri yang melindungi tulisan sehingga nyaman dibaca seperti di halaman http://ezine.infantrum.info/reader/reader/read/edisi_1/id/1/1/page/22

4. Elemen grafik & Warna
Saya bisa melihat konsistensi setiap rubrik dalam warna dan elemen grafiknya, namun itu semua tidak sedikitpun mirip halaman "contents" sehingga terkesan layout di halaman depan itu 'anak tiri' dibanding halaman lainnya .____.''v Konsistensi dalam penggunaan elemen dan warna haruslah dijaga ^^a

5. Jumlah Rubrik
Dua kata mengenai ini: terlalu banyak. Jumlah halaman yang dimakanpun tidak sedikit, saya mengaku agak bingung bacanya ^^ Begini, tidak ada yang salah dengan rubriknya, semuanya berguna, tetapi karena majalah ini baru, jangan semua topik langsung dibicarakan di edisi pertama dan menghabiskan 50 halaman sekaligus. Jika edisi seterusnya rubriknya atau isinya begini saja kan bosan, jadi taktiknya itu, ada beberapa rubrik spesial yang hanya ada di tiap edisi berbeda sehingga pembaca akan rugi kalau tidak mengikuti setiap edisi ^^ Misal: konsultasi menulis dan konsulasi istilah kan dipisahkan jadi 2 rubrik, maka bisa saja di edisi ganjil hanya ada salah satunya. Menurut saya, 35 halaman itu cukup untuk sebuah majalah fanfiksi. 50 itu.......agak kebanyakan :sorry:

Tapi para redaksi, ini semua hanya saran saya, tidak perlu ditanggapi seandainya hanya menganggu :sorry: :sorry: :sorry:
Saya berkata bukannya ingin menjatuhkan, sebaliknya saya mau majalah ini jauh lebih bagus ke depan dan mencoba bantu sebisa saya. Anggaplah angin lalu jika tak berguna :nods:

Maafkan kalau ada kata yang salah T_T

Salam,

Ryuna Ohime
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ryuna Ohime
Member Avatar
Ve~ve~
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Kak Sylvi: Makasih sudah menanggapi ^^

Iya, saya mengerti tiap edisi menyesuaikan background, hanya mengingatkan kontrasnya aja ^^ Untuk tampilan cover, coba diperhatikan majalah Animonster, dari semua majalah anime Indonesia yang saya baca, layout animonster itu TOP! ;3 Refrensi aja ^^ Iya, ditunggu tanggapan Kak Silver ^^ Makasih juga uda mau nanggepin pagi-pagi tadi :''')
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
ZetaBoards - Free Forum Hosting
Free Forums with no limits on posts or members.
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone