Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
semangat baru author lama; ganbatte ne!
Topic Started: 15 Nov 2011, 03:53 PM (1,113 Views)
Nana The GreenSparkle
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Holla Minna-san..... :love:

langsung aja nich, tadi *beberapa menit sebelum nana login* Nana ketemu sama teman sekelas Nana di kampus, dan ternyata..... dia adalah seorang author ffn *setelah Nana ngintip dia lagi liat2 ffn* jadi Nana tanya2 tentang dia, apa dia tau tentang ffn atau nggak? :thumbsup: karena Nana jugakan sedang belajar menjadi author yang baik dan benar di ffn... ^^ dan dia bilang dia masih suka main2 di ffn, cuma semangat buat nulis fic udah lama luntur.... (/.\) tau nggak dia itu udah 1 1/2thn nggak update2 ficnya yang lagi ongoing, katanya pengen banget nulis dan active lagi sebagai author, tapi semangat yang dia punya dah ilang entah kemana.... (/.\)

sejauh yang dia cerita, dia masih simpan plot untuk ceritanya, cuma dia perlu pendorong untuk kembali active jadi author dan mengembangkan imajinasi.... :nods:

Nana butuh mohon bantuan Minna semua untuk saran semangat dan mengembalikan keceriaan ketika menulis fic pada teman Nana ini..... :sorry:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ShiueFha-chan
Member Avatar
Honored Canon OTP! ^^
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Kalau saran dari saya sih cuma satu: nonton/baca/main (tergantung fandomnya dari kategori apa) ulang lagi fandom yang fic-nya belum di-update. Dengan begitu kan minat seorang author di fandom yang ia geluti jadi ada lagi (kalau dari yang saya rasakan sendiri sih, rasa malas meng-update fic itu muncul salah satunya ya karena kecintaan sama fandomnya berkurang. Entah itu karena bosen sama fandomnya atau hal lain yang bisa membuat rasa suka ke fandomnya menyusut). Author tersebut juga bisa menemukan hal apa yang dia suka dari fandom itu, juga motivasinya membuat fic dari fandom itu, dan akhirnya juga bisa menambah mood untuk meng-update fic tersebut.

Semoga saran ini bisa membantu. ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Megumi Kei
Member Avatar
Incest are very welcomed indeed (ื▽ืʃƪ) /plak
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Seconded to Fha-chan :D

Kalau ingin mood balik, emang mau ga mau coba nonton/baca ulang fandomnya. Temuin kembali apa yang dulu sempet bikin menggebu-gebu untuk nulis fanfic. Biasanya, kalau udah nemuin kembali apa yang disenengin, rasa ingin 'bikin' sesuatu selalu ikut nyusul.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Nana The GreenSparkle
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Hm.... bener juga kata senpai berdua.... :nods:

author baru jugakan semangat nulis fic karena nemu spirit dari fandom yang dia suka.....

sejujurnya, setelah Nana baca komen dari senpai berdua Nana langsung melakukan dan mengatakan saran kalian ke teman tersebut..... yah... setelah senyum2 gaje kurang lebih 5 menit akhirnya dia bilang akan coba lagi bikin fic, walaupun, mungkin publisnya nanti pertengahan bulan depan, tapi mendingan dari pada nggak sama sekali kan???
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ceritanakecil
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
ah, jadi penasaran siapa yang sudah hiatus setahunan itu. siapatau namanya familiar bagi orang-orang di sini :waves2:

saya juga sepertinya butuh..............eh. nggak ding. fic saya yang multichapter masih ongoing, dan saya masih lumayan semangat nulis yang itu.. entahlah kalo nanti acara-acara di sekolah beneran udah jalan tapi pengen nulis oneshot yang lain malah susah : | jadi sekarang status saya author semi hiatus karena ada fic itu. updatenya juga paling 3 minggu sekali.. kalo udah nggak update yang itu, saya murni hiatus.

hiks. padahal udah banyak ide (atau fandom?) yang pengen dibikin. no. 6, main lagi ke naruto, coba di conan...
tapi keinginan buat nulisnya sedikit banget. jadi nggak maju-maju. cuma mau doang.

....gimana ya ;____;

*jadi curhat*
*nyengir*
Edited by ceritanakecil, 1 Dec 2011, 02:45 AM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Nana The GreenSparkle
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
wah... si ceritanakecil-san.... pengen tau aja :P hehehehe

yang 3 minggu 1x update di bilang hiatus, Nana yang 1 bln 1x update apa dong?? :swt:

tapi kadang2 kebanyakan ide juga bisa bikin malas loh.... bingun mau nulis yang mana, akhirnya jadi nggak nulis... hehehehe Nana sering kok ngalaminnya.....
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Megumi Kei
Member Avatar
Incest are very welcomed indeed (ื▽ืʃƪ) /plak
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Nana:

Wkwkwk. Gpp lah dia publish fanficnya nanti2 lagi. Yang penting dia udah mau menimbun kesenangannya yang dulu supaya balik lagi. Sukur2 kalo dia berhasil : )



@ceritanakecil:

Kita sama nih kayaknya.

Saya juga sering banget kebanyakan ide, dan selalu dibuat bingung dengan ide mana yang sebaiknya saya dahulukan. Tapi, banyak ide begitu juga ada baiknya, jangan main dikeluarkan begitu aja. Coba ditelaah masing2 idenya, karena setiap ide pada dasarnya memungkinkan untuk digabungkan menjadi satu judul. Dan yep, biasanya karena terlalu banyak, jadi malas karena rasa bingung itu. Coba deh untuk mengurangi hutang dan rasa bingung, ide2 kamu yang ada simpen aja dulu sebagai draft.

Saya juga selalu begitu. Setelah menuangkan ide dalam draft, rasanya lega banget n ga terlalu banyak pikiran lagi karena ngerasa ingin ngerealisasiin, tapi ragu karena masih punya utang mulchap atau males bikin banyak2. ^^

Kalau pada nantinya setelah fanfic mulchap kita selesai, kita masih tertarik dengan ide2 yg udah dituangkan dalam draft, saatnya merealisasikan berarti : )

ini ceritaku, mana ceritamu? #bletak
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ceritanakecil
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@ nana-san : yaaa kan siapatau yang di sini pada tau :p

@ kei-san : hmm.. mungkin begitu. entah kenapa sekarang keinginan nulis cuma berpusat di multichapter yang itu aja buat update. mungkin memang harus menyelesaikan yang itu dulu.. ahaha, iya, sekarang saya belajar buat nulis ide-ide yang lewat di notebook. padahal sebelumnya nggak pernah lho. siapatau nanti kalau lagi nganggur, ngeliat ide itu, terus bisa nulis tiba-tiba. soalnya bener-bener pengen nulis lagi di FFn. apalagi fandom naruto. kangen kampung halaman..

btw, panggilnya mae saja~
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
lunaryu
Member Avatar
~LOVE Crosses Everything Including TIME~
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Wah, ternyata ada yang senasib luna... dengan alasan yang sama, kecintaan luna pada fandom Naruto berkurang setelah Itachi tewas... dan makin luntur saat Sasuke memutuskan menghancurkan Konoha... luna nggak betah liat Naruto menderita terus. Padahal di awal-awal, meski dia menderita, ada Sasuke dan Sakura... dan hubungannya dengan Sasuke itu mencurigakan serta bisa menjadi bahan fic dan inspirasi buat pairing ini yang tak terkira. Namun, setelah semakin jelas kemungkinan bahwa Sasuke tak bakal kembali, luna jadi benci tokoh itu dan semangat luna untuk membuat cerita pair itu menguap sudah...

Alhasil semua fic Naruto luna hiatus... luna nggak bisa baca/nonton lagi fandomnya... nggak tega lihat Naruto T_T Nggak bisa lagi menumbuhkan cinta di fandom ini...

Bagaimana supaya bisa semangat nonton dan baca lagi biar muncul inspirasi lagi untuk bikin fic kalau alur ceritanya sudah bikin galau begitu???

Lha, kok malah jadi luna yang mengeluh di sini? Maaf... nggak bisa bantu kasih saran untuk semangat bikin fic Naruto lagi...
Tapi luna nggak mangkir dari ff net kok. Hanya cinta luna berpindah ke fandom lain *ditonjok*
Jadi emang bener, cinta fandomnya--> inspirasi bejibun--> plot berjalan mulus--> fic lanjut terus *lol* Semuanya berawal dari cinta~ XDDD *gaje abis*
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
cath_puz
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
ngomongin soal hiatsu ikutan curhat dah. mungkin udah satu setengah bulan ini saya gak udpdate fic. nulis masih. tapi banyak berhenti di tengah jalan. ide ada, cuman semangat buat nulisnya itu lah. pas lagi panas-panasnya lancar-lancar aja nulis. dapet dua tiga lembar. trus tiba-tiba ada gangguan. berhenti dah. besoknya kalo mau ngelanjutin entah kenapa semangat yg kemaren menguap entah kemana alhasil ada banyak fic nggak selesai numpuk di lapi. kadang kalo kelamaan dan udah nggak ada semangat lagi, fic seperempat jadi tadi cuman berujung di recycle bin.
ada lagi satu fic on going. satu chapter udah selesai, tinggal di edit sama publish. tapi entah kenapa semangat buat ngedit juga ilang. sekarang malah kepikiran mau buang fic nya yg di ffn sekalian.
ide banyak, tapi ya begitu semangat nulis lebih sering hilang tak kembali. kalo dibilang soal mulai bosen atau cinta undah luntur sama fandom tertentu, rasanya nggak. cuman entah kenapa kadang kok kecewa aja ngeliat fic yg di ffn gitu-gitu melulu. banyakan school life dan sinetronisme. kalo mau bikin fic yg rada-rada beda kadang takut nggak ada yg minta baca. kalo nggak di review masih gpp lah. tapi kalo hits dan visitornya sedikit lain cerita.
trus ada lagi, author2 fav saya banyak yg hiatsu. entah kenapa hiatsunya mereka membuat saya juga ingin hiatsu. biasanya bca cerita2 bagus buatan mereka, dapet sedikit insipasi, tumbuh rasa ingin membuat fic yg lebih baik dari mereka. dan ketika mereka pergi, menghilang sudah semua rasa itu.

maaf buat curhat nggak jelas ini. mungkin ada yg ngalamin masalah yg sama kayak saya?
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Rin-tan
Member Avatar
World of Nevers Under A Never Sky
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
saya sendiri ini adalah seorang author generasi tua yang nggak berkembang-kembang kemampuan menulisnya. Dan saya sekarang sangat tidak bersemangat untuk menulis apapun coughbahkanbukusayapungaselesainihcough. Setahunan ini saya benar-benar nggak aktif.

Alasannya? Gampang, nggak ada sesuatu yang memotivasi saya buat nulis lagi. Entahlah, mungkin saya aja yang terlalu gimana gitu, tapi kalau readers antusias sama cerita saya, ya saya juga semangat lanjut nulis lagi. Tapi kalau yang baca juga ogah-ogahan mending saya nggak usah lanjut aja. Salah saya juga sih, nggak bisa memuaskan pembaca, tapi daripada saya terus-terusan menggila nulis dengan kualitas kurang memuaskan dan nggak ada yang tertarik lagi, mending saya hiatus.

Tujuan saya nulis kan untuk membuat yang baca senang, kalau yang baca nggak senang sih ngapain saya lanjut? :P

Cuma beberapa hari ini saya banyak terima pesan dari readers yang nanyain fanfic saya. Jadi semangat lagi sih, ternyata masih ada yang baca cerita saya.

Jadi buat author lama, cara biar semangat nulis lagi yah... Dengan membuat mereka tidak merasa tersisihkan author baru dan masih diingat orang.

Kalau hiatus karena alasan lain juga kita nggak bisa maksain dia buat nulis lagi. Life goes on lah, banyak orang yang punya urusan lain yang nggak kalah penting. coughingatmauuancough
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
uno
Member Avatar
Premium Member
[ *  *  *  * ]
Ah, ini paling susah deh. Saya sendiri udah nelantarin fik saya lebih dari setahun. Biarpun ide dan waktu luang udah ada, tapi buat maksa diri untuk ngetik di depan komputer itu kayaknya BERAT BANGET. Ga ngerti deh kenapa. Justru rikues dari beberapa pembaca yang minta 'cepet apdet' malah bikin saya lebih males buat sekadar mikirin plot.
Mungkin ini kali ya, kuncinya. Nulis itu kan sesuatu yang dilakukan karena ada keinginan untuk menyampaikan sesuatu (dari penulis itu sendiri). Kalo semisalnya si penulis dapat 'tekanan' yang entah berupa deadline atau apa, pasti ga bakalan luwes deh buat ngetik.
Buat temennya Nana, mungkin saran saya cuma 'rileks'. Semoga kita bisa cepet ngelanjutin fiksi yang ngadat setahunan itu. :D
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
kangyeongsuk
Member Avatar
Premium Member
[ *  *  *  * ]
nah, kalo kata saya sih yah, coba deh terjun ke fandom lain. nnh, bukannya menjerumuskan ini sih jelas menjerumuskan tapi kan kali aja jenuh sama fandom yang ficnya masih ongoing itu. hehe. ya ga? *cari dukungan* :touched:

saya juga ngalamin kok, beneran deh. ada fic multichapter saya yang masih ongoing, beneran gantung kalo dipaksain tamat sampe chapter yang ini, tapi saya jenuh. bener-bener jenuh. begitu niat mau lanjutin, tangan udah di keyboard, baru nulis satu paragraf udah stuck. gatau mau nulis apa lagi. ceritanya terkesan biasa. lelah lah saya haha. dipaksain nulis juga ga guna, yang ada jadinya fic itu ga bener2 memuaskan saya sebagai authornya haha (/.\)

kebanyakan ide juga bikin stuck sih. pengen masukin adegan kaya gini, tapi kalo di giniin juga menarik. tapi kalo disambungin ceritanya jadi ga nyambung. itu sungguhlah dilema paling menyebalkan haha

maafkan kalau malah jadi curcol deh hehe :P
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ShiueFha-chan
Member Avatar
Honored Canon OTP! ^^
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
... kayaknya saya 'agak' setuju sama yang dibilang kangyeongsuk deh... (dan kalau boleh jujur, fandom tempat saya bernaung sekarang bukan fandom pertama saya. Saya bahkan cuma nulis dua fic di fandom pertama saya, dan salah satunya berakhir di tempat sampah dengan 'discontinued', padahal tinggal sisa 1 chapter lagi)

Tapi kalau yang saya lihat, permasalahan yang dialami oleh teman dari Nana-san itu bukan disebabkan oleh kebosanan dengan fandomnya. Buktinya dia masih mau lanjutin kan? Cuma semangatnya aja yang nggak ada.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
yoriko
Member Avatar
Russia-Belarus big fans :)
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Idem dengan shiuefha, fandom yang saya tempati sekarang (Hetalia), bukan tempat saya lahir dan dibesarkan. Terkadang emang pengin balik ke fandom asal (Bleach), tapi udah hilang semangat karena author-author seangkatan saya dulu udah pada migrasi. Tapi, tak apalah... sembari menunggu mereka kembali, maka saya hijrah di Hetalia ^^
Justru, saya menemukan semangat baru di sana :)

Jadi, intinya untuk menemukan semangat baru: salah satunya bisa pindah fandom.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
ZetaBoards - Free Forum Hosting
Enjoy forums? Start your own community for free.
Go to Next Page
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone