Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 3
  • 4
Referensi; Niat nggak nyari referensi untuk fanfic?
Topic Started: 16 Oct 2011, 07:45 AM (2,225 Views)
Cake F. Seiei
Member Avatar
Now I'm dying.. /////
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Iya, referensi. Buat author2 yang suka nulis AU atau author apapun yang mewajibkan mencari referensi untuk cerita, niat nggak sih nyari referensinya? Atau kalian malah langsung tancap dan cuma mengira2 aja? Seberapa lama kalian mencari referensi? Dengan cara apa? Dan... Penting nggak sih referensi itu?
Kalo menurut saya sih, referensi sebelum membuat cerita itu penting. Apalagi untuk cerita AU. Biar cerita jadi nggak terkesan ngasal. Dan lagi, bisa dijadikan pengetahuan bagi para reader. Kalo temanya nggak umum kan bisa jadi pengetahuan sesat(?)

Saya nyari referensi gitu lebih suka nanya daripada nyari di internet, wehehehe. Kemarin saya habis nanya gencar banget sama temen saya soal ini itu sampe jelas. XD
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
himura kyou
Member Avatar
► A ▼ ► A ▼
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
saia ndak pernah bikin AU :'Db #bangga jadi soal refrensi, mungkin terbatas kembali membaca ulang sumber aslinya, aka manga ato animenya. gitu doank sih saia =_='
ya kadang ke wiki kalo ada hal yang kurang jelas ato mo nambah2in sesuatu yang keren(?) macem bahasa bunga ato etiologi sesuatu ato cara merawat kucing orz
menelusuri kembali tiap chapter dan tiap episode ato meneror tanya2 ke orang yang lebih mudeng soal fandom itu juga seru kok dalam lingkup mencari referensi =///=
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ambudaff
Member Avatar
Reinkarnasi
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Selalu cari referensi walau bukan untuk nulis AU. Kadang, keasyikan cari referensi, sampai fanficnya terlupakan... #nyengir
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
dinaffa
Member Avatar
Intermediate Spammer Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Aku yang kedua baleeees! #gakpenting #digetok

Bagiku referensi itu memang penting, biar cerita ngasal. Kan kadang ada juga tuh readers yang nanya-nanya infonya dapet darimana, kita bisa jawab gitu. Tapi kalo asal bikin saja bisa-bisa readers dapet ajaran sesat(?). Apalagi fict-fict yang genrenya berat(??) macam crime, misteri, dan sebagainyalah.
Biasanya aku mencari referensi bisa di mana saja. Tapi paling sering di Internet. Atau kadang-kadang malah cari refenrensi dari sebuah buku atau langsung dari cerita aslinya.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ShiueFha-chan
Member Avatar
Honored Canon OTP! ^^
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Hehe... saya belum pernah bikin AU, tapi walaupun begitu, referensi tetep harus ada kan?

Yah, berhubung saya nulisnya yang canon terus, referensi saya ya palingan... animenya langsung, tapi bukan berarti nggak butuh perjuangan juga carinya... *inget beberapa bulan lalu waktu susah payah download season-season awal Ojamajo Doremi sampai berhari-hari sampai akhirnya kekumpul semua* Lagipula kan, ada beberapa fandom yang nggak masuk ke Indonesia, dan satu-satunya jalan untuk cari referensinya ya... internet.

Pokoknya, referensi itu penting, baik di fic AU maupun di fic canon.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Hmm, untuk IC sih saya cari referensi kayak tante kyou: liat ulang manga dan/atau anime-nya.
Kalau untuk AU... ehehe, jujur aja lebih banyak mengkhayalnya. Saya ini sering sih, dapet ide plot cerita tapi gatau settingnya harus gimana. Akhirnya, ngasih gambaran setting nggak jelas gitu. karena memang settingnya nggak jelas
Tapi kalo lagi niat, bisa aja semangat cari referensi. Kadang tanya orang-orang cukup, kadang harus search internet juga.

Penting atau nggak?
PENTING. Kalau nggak pake referensi, bisa-bisa hasilnya kacau dan ngambang kayak fanfic saya =="
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Anoctnymous
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
saya pernah nyari referensi kota winchester buat latar fic saya. cukup membantu bagi saya untuk membayangkan seperti apa kota winchester itu.

hng sebenarnya, justru setting canon yang saya lebih banyak cari referensinya ketimbang AU. baik itu mengobok-obok anime/manga-nya atau paling parah kalo bikin fic di fandom game, saya harus main dari awal sampe tamat lagi buat ngedapetin detil-detilnya .___. #krik.

Dan kalo misalnya di fandom hetalia itu, nyari referensi sejarahnya itu nyusahin untuk bisa membuat fic canon (bagi saya yang emang dari sononya buta sejarah) DD: *okelah, ini mulai OOT*

mungkin karena saya fic AU saya (selama ini) belum ada yang temanya berat sampai harus nyari referensi sana-sini. tapi kalau memang diperlukan, ya akan saya cari sebisa mungkin.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ejey Series
Member Avatar
miss you ♥
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Yang AU, kalau emang setting-nya 'berat' banget, mis. di Andorra, London, dlsb, pasti cari referensi lah! Nggak mungkin kan, asal bikin setting tanpa tahu gimana aslinya? Well, biarpun AU, setting mana boleh ngasal, kan?

Saya pernah cari referensi kota Paris, Prancis waktu bikin fic Autumn Tale. Referensi yang saya pakai itu dari website sama novel. Sangat membantu saya, apalagi waktu saya bikin scene jalan-jalan keliling kota Paris.

Yang canon/IC, biasanya sih buka wikia manga/anime/game yang bersangkutan. Terutama kalau sedikit buta tentang animage tersebut *contoh orang yang bolak-balik buka MegaTen wikia gegara ngebet bikin fic Souji/Yukiko padahal gak pernah main game-nya* Sangat membantu untuk karakterisasi atau kebiasaan-kebiasaan tokoh-tokoh yang pengen saya buat fic-nya.

Jadi intinya... referensi itu penting. Nggak cuma fanfic, orific pun perlu referensi, bahkan riset.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Megumi Kei
Member Avatar
Incest are very welcomed indeed (ื▽ืʃƪ) /plak
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Referensi sih, selalu. Setiap ada hal yang saya ga yakin / ga tau, langsung saya browsing di internet. Yah, pada dasarnya saya ini sendiri tipe yang gampang penasaran sih, walau sama kesimpulan sendiri.. Lagipula referensi itu penting untuk membangun 'suasana' fanfic supaya lebih 'meresap' n kerasa 'nyata' buat reader ' 'a

Kalau apa yang kita tulis di fanfic kita tuh beda dengan kenyataan yang ada kan malu sendiri ==a
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
aicchan
Member Avatar
True Brothers

Kalo nulis tentang AU jelas dan pasti cari referensi. Apalagi kalo settingnya di negara lain macam Jepang ato Inggris. Bisa jungkir balik guling-guling ngubek itu yang namanya eyang gugel. Sampai hal sekecil apapun sebisa mungkin saya cari referensinya. Soalnya saya ini pingin membangun nuansa yang realistis dalam setiap fic saya.

Kalo referensi AU di jaman modern sih sepertinya enggak terlalu susah, ya... tapi kalo referensi buat fic2 Fantasy jaman baheula ato dunia antah berantah, atau buat fic yang mengambil jaman-jaman kuno... saya sudah merasakan susahnya cari referensi. Seperti fic saya In Butler Eyes ama Magic in Me... cari referensinya bikin #headbang mendadak.

dan sekarang juga lagi menghantui seseorang untuk referensi fic baru #Orz

Jadi kesimpulannya, buat aku referensi itu penting banget. AU, canon, fanfic, orific, semua itu butuh referensi supaya apa yang kita sampaikan dalam fic bisa tersampaikan dengan baik :)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Baru inget nih. Saya pernah bikin orific yang sekarang terbengkalai yang ada tentang makhluk-makhluk mitologi gitu. Itu pertama kalinya saya riset, nyari referensi besar-besaran. Hampir semua makhluk mitologi saya cari, saya ambil yang sekiranya cocok, dll.
Dan baru sekarang nyadar kalo makhluk mitologi di Eropa itu beda-beda, ada yg Yunani, Norse, dll. orz /dor

Saat itulah, baru saya menyadari betapa seru dan pentingnya mencari referensi. Menambah pengetahuan diri sendiri, sekaligus untuk orang lain (yg membaca karya kita). Menyenangkan sekali.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
pindanglicious
Member Avatar
rot in engspa abyss
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Buat saya referensi juga penting, seperti yang dikatakan kak Cake, supaya gak terkesan ngasal xD orz. Kalau saya bikin fic AU, biasanya cari referensinya pas sebelum tidur, jadi ngelamunin 'sesuatu' dulu =)) #ituapa

Tapi buat saya, referensi yang paling oke itu pas LDKS ya .__. #gaknanya

Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Feilong
Member Avatar
Ava yang sesuai dengan tahun naga air
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Saya doyan (banget) cari referensi buat fanfic, hampir kayak Ambu, kadang malah fanfic-nya jadi terbengkalai :D

Riset kecil-kecilan begini lumayan bagus biar cerita yang kita bikin nggak bikin jebol suspension of disbelief. Nggak cuma buat AU sih,bikin canon juga perlu riset dan referensi, apalagikalau canonnya didasari folklor atau mitologi. Riset bisa nambah keya cerita.

Nyari referensibisa juga dari internet (biasanya dari Wikipedia atau TV Tropes atau nggak dari wiki seri bersangkutan), baca/nonton karya aslinya, nguplek-uplek buku yang ane punya atau menggali-gali di perpus :P
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
suzu
Member Avatar
ganteng
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
saya nyari referensi cuma kalo lagi bener-bener butuh atau lagi niat. sisanya saya tulis seadanya dan setau saya aja (alias sotoy #dor). tapi kalo mau bikin cerita AU yang bener-bener serius, maksudnya temanya ini itu tentang apa semuanya jelas dan memang harus dicari tahu, nah itu baru saya nyari referensi. meskipun saya ga pernah sih bikin yang begituan xD #shot
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Galaxy Silver
Member Avatar
Intermediate Poor Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Referensi ya. Saya sering banget ngetik fic AU. Bahkan hampir semua fic saya AU. Parah? Iya. Tapi karna AU disitu nggak menunjukkan teknologi banget (?), jadi saya nggak terlalu mentingin itu. (._.) Intinya sih, saya langsung tancep, nggak nyari2 info ttg tekno2 itu. :|
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
Go to Next Page
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 3
  • 4


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone