Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
Kepatenan Cerita; apakah hak cipta cerita kita di lindungi???
Topic Started: 27 Sep 2011, 03:39 PM (1,106 Views)
Nana The GreenSparkle
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Ohaiyo Minna-san.... :love:

Aku author baru di ffn... dan karena mulai teropsesi dengan ffn, :writes: aku mulai promosi di teman-temanku ^_^ tapi, ada temanku yang nanya, apa hak cipta cerita kita dilindungi?? :confused: karena dia pernah publish cerita di blognya terus di copast sama orang lain :panic: terus ternyata di pake buat ikut lomba sama orang itu :shocked2: dan,,, ternyata eh ternyata O_o dia menang trus dapat hadiah.... :(

dan sampe sekarang dia masih ragu buat publish karena dia takut nanti kejadian di atas terulang lagi... :X

jadi, apa hak atas cerita kita dilndungi??? :waves2:

mohon bantuannya minna-san... ^^ :waves:
Attached to this post:
Attachments: images.jpeg (9 KB)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Angelica Miku
Member Avatar
INACTIVE ; UNDER PERMANENT HIATUS
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Dilindungi atau enggak.. Dilindungi atau enggak.. Hmm... Saya juga sempat berpikir tentang itu sih.

Kalo di AO3 (temennya FFN) semua karya fic kita dilindungi kok! (Denger" sih) tapi kalo di FFN... Kayaknya enggak. Itu kita yang ngelindungin. Untunglah saya belum pengalaman diplagiat :wave2: #buak

Sekian sotoyan dari saya (_ _)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Silent Afterglow
Member Avatar
Class Zero
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Sebetulnya begini.

Di FFn, memang karya kita tidak terlalu terlindungi, tetapi sebetulnya anda tidak perlu takut cerita anda bakal diplagiat. Kalau anda yakin ada satu karya anda yang diplagiat orang lain, maka anda bisa membuat sebuah Report Abuse pada admin FFn, sehingga karya yang anda Report Abuse bisa dihapus. Tapi seperti kata yang diatas, karya kita, itu kita yang melindungi.

CMIIW, moga-moga bisa membantu ' 'a
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ejey Series
Member Avatar
miss you ♥
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Nana-san, lain kali kalau mau bikin tret baru tolong lapor dulu di index Fanfiction Free Discuss ya... ;w;
supaya nanti ga ada dobel tret.

hmm, setahu saya sih, di FFn itu karya kita memang kurang terlindungi, beda dengan di AO3 yang menganggap bahwa fanfic itu sesuatu yang legal dan dilindungi.

setuju sama pendapat glocchi di atas, karya kita, kita sendirilah yang harus melindunginya. ga usah takut buat publish cerita hanya karena takut diplagiat. jadikan itu sebagai pengalaman biar nantinya kita jadi lebih hati-hati lagi.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
aicchan
Member Avatar
True Brothers

Yaaa... kalau aku sendiri sih ga pernah ngalamin yang namanya karyaku diplagiat. Ya ga mau juga sih kalo sampe ada yg niru. Tapi kalau masalah niru meniru di dunia ffn, semua tergantung pada pribadi masing-masing sih. kalo saling menghargai dan saling mengerti sulitnya menciptakan sebuah karya, mungkin ga akan ada itu yang namanya plagiator. Tapi sepertinya banyak yang sudah melupakan sopan santun di dunia maya dan cuma mengambil jalan pintas untuk mendapat perhatian =__=

menurut teman-teman yang aku tanyain sih, emang AO# lebih menjamin terjaganya fic2 kita dari para tukang tiru. Beda dengan FFN. Ya moga kedepannya FFN bisa memakai satu sistem yang juga melegalitaskan keorisinilan cerita yang dipublish di sana. Meski sebuah fanfic, tetap saja idenya datang dari kita kan? Jadi layak untuk dilindungi.

Dan selama ini kalau ada yang mau pakai karyaku, ataupun sebagian dari karya aku, rata-rata pasti minta izin dulu ke aku. itu aja udah cukup kok jadi bukti cerita legalitas karyaku =)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ReiyKa
Member Avatar
aku menunggu hingga saatnya kau datang padaku. >,<
[ *  *  *  *  *  *  * ]
perasaan tret kayak begini udah pernah baca deh di infantrum.
di bagian plariasme kayaknya. di fanfic free discus juga. atau mungkin itu cuma perasaan doang.

plagiarisme di dunia maya itu memang potensinya paling tinggi. soalnya, yah, yang akses inet kan banyak banget, kita bahkan nggak bisa ngontrol apa yang akan terjadi dengan apa yang kita post di inet.
nah, ga usah jauh-jauh ke inet, media cetak aja ada yang plagiarisme. jadi, setiap karya (mau dibuat dimana saja) tetap punya potensi buat di plagiat sama seseorang.

saran sih, buat temen kamu itu, kasih tahu personal sama orang yang memplagiatkan dirinya (ini bahasa apa coba?) kalau orang itu plagiat. bisa juga kasih tahu juri lombanya supaya status menangnya dicabut.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Nana The GreenSparkle
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
@Angel-san...

waduhh... jauh-jauhkan.... plagiat dari kehidupan kita para author.... o_O


@Afterglow-san...

Hmm... melindungi diri-sendiri memang harus di galakkan rupanya (/.\) *apa Nana belajar Karate aja yah?*

@Ejey-san...

Aduh Ejey-san,,, maafkan diri Nana yang berdosa ini, Nana bahkan belum 1 miggu main di Infan jadi blum tau.....

Mmm.. nanti dech, Nana sampein sama si bocah... ^^


@Aicchan-San...

Wah syukurlah kalau begitu... kata temen Nana, skarang di Asia lagi trend yang namanya COPAST... nggak mau susah... :pout: waduh... semoga nggak ada yang jdi korban yah diantara kita.... :excited:


@Reiyka-san....

Maaf ya Reiyka-san... mungkin Nana blum lihat aja kalo tret plagiat sebenarnya udah ada... :sorry: Nana juga bellum 1 minggu di Infant jadi nggak tau....

Nana sich dah bilang, tapi orangnya nggak mau masalah ini tambah panjang.. tapi kayaknya dia masih kesel dech sama yang Copast... kayaknya dia trauma dech.... :nods:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Dani
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
saya aware dengan hal ini beberapa waktu lalu. sepertinya ffn tidak seberapa menjamin karya2 fans seperti halnya ao3 maupun deviantart. tapi meski demikian, copy rights itu menurut saya perlu, kan kita yang bikin dengan ide kita.

fanfiction.net mungkin kurang menjamin karena jumlah fanfic yang terlalu banyak sehingga admin kemungkinan kewalahan, tapi insyaallah jika kita melaporkan ke pihak admin bakal diurus kok :)
sementara di fictionpress sepertinya sama.

saya pernah mengalami hal demikian, beberapa fic saya dicopas di blog orang, meski menuliskan penname saya, tapi kan gak enak. demi mencegah hal demikian, saya melakukan usaha kecil dengan memasang warning di footer fanfic saya:
"Hak Cipta Dilindungi. Dilarang memperbanyak, mentransfer, menyebarluaskan, atau menyimpan sebagian atau seluruh isi dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari author, dengan ketentuan sebagai berikut: Author mengizinkan Anda menyimpan di komputer Anda atau mencetak salinan ekstrak dari halaman ini hanya untuk penggunaan pribadi Anda secara non-komersial. Masing-masing fanfiksi pada halaman "FanFiction" saya tunduk pada ketentuan-ketentuan tambahan yang ditunjukkan dalam fanfiksi-fanfiksi tersebut."
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Silent Afterglow
Member Avatar
Class Zero
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Nana
Tidak ada kaitannya dengan satu minggu apa belum, kami sudah punya index di sini, yang wajib anda lihat sebelum anda bikin topik di sini. Itu peraturan. Dan kalau anda sudah bikin topik, anda wajib lapor. Harap anda segera melapor supaya topik ini bisa diindex.

@^
Dan, kalo posting di blog berarti nggak dihitung komersial kan? OwO yang dihitung komersial itu kan kalau dipakai buat bikin duit o_O

Well, btt. Intinya kalau anda jadi author FFn, ya anda harus siap dengan berbagai resiko, salah satunya kalau fic anda ditiru/diposting ulang orang lain yang mungkin tidak punya account FFn. Itu sudah jadi resiko. Memang kalo dicopas gaenak, tapi kalau tidak masuk ke kandang macan, ga bakal dapet anak macan. Sudah resiko sih namanya.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Dani
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Silent
Dimanfaatkan untuk komersial itu emang nggak boleh.
Tapi dengan "Dilarang memperbanyak, mentransfer, menyebarluaskan, atau menyimpan sebagian atau seluruh isi dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari author" kan berarti ditaruh di blog nggak boleh. Intinya kalo mau ngapa2in karya tersebut harus dengan izin author.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Nana The GreenSparkle
Member Avatar
Intermediate Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
@Dani_san...

Hmm... Nana ngerti kok... idekan nggak datang tiap detik,pasti canggung dech kalo baca fic sendiri yang dipost orang lain. :dance: dan setahu Nana yang namanya plagiat itu dilarang sama pihak diluar maupun dalam negara.... :nods:

biasanya kalo memang perlu pake ide orang lebih baik kalo di paraphrase atau pake direct citation... biar resmi githu... *yey,, emangnya skripsi* :P


@Silver:

Nana dah baca peraturannya kok... :nods: katanya nggak boleh post dua kali. *aku nggak tau artinya apa. kupikir nggak boleh post reply 2x* trus kalo mo lapor post, lapornya kemana? apa harus PM ke yang punya tret?

jujur aja newbie di suatu web itu mempengaruhi,rasanya kayak masuk faceb**k n' twit**r untuk yang pertama kali... o_O langsung dech, apa ini-apa itu mode on.... ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Silent Afterglow
Member Avatar
Class Zero
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@^
Saya rasa udah saya jelaskan deh. Yaudah, saya post ulang post saya di tret sebelah:
Quote:
 
Lapornya di tret Index yang ada di tiap subforum dengan posting. Kalau ada masalah, silakan kontak moderator yang berwenang di subforum tersebut lewat PM atau YM.


Dengan posting ya, bukan dengan PM.

Mohon segera melapor ke sini supaya topik ini bisa di index. Sankyuu.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Megumi Kei
Member Avatar
Incest are very welcomed indeed (ื▽ืʃƪ) /plak
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
=u="

Err... Sebenarnya, mau kalian mengeposkan dimana pun; FFn / AO3 / Blog dll, walaupun site tersebut menjamin karya2 kita dengan semacam Abuse Policy seperti di AO3, dan menambah warning footer, bukan berarti karya kita bakalan memiliki hak cipta. Walaupun memang selalu ada kata2 seperti ini:

Quote:
 
The Content and Abuse policy covers procedures, spam and commercial promotion, threatening the technical integrity of the site, copyright, plagiarism, personal information and fannish identities, harassment, illegal and non-fanwork content, and ratings and warnings.

Yang tiap site berikan kepada pengguna/author-nya itu hanya semacam kebijakan, dimana kebijakan itu belum tentu juga bisa benar2 melindungi para pengguna.

Hak cipta milik tiap site itu bukan untuk diberikan pada para pengguna, melainkan untuk content yang berasal dari 'induk' site itu sendiri. Seperti Terms of Service atau system. Kalau para pengguna ingin memiliki hak cipta, bukan dengan lapor pada admin (walau mereka menawarkan, tapi percuma. Mereka ga akan memproses masalah kalian sampe kalian bisa puas), tapi mendaftarkan diri di DITJEN HAKI. Disana, hasil karya tulis kalian baru akan benar2 mendapatkan hak cipta. Jadi, jika sampai ada yg mengcopy pekerjaan kalian, kalian mau bilang "ganti 5M." untuk selembar kertas pun, akan dianggap sah.

Jadi, dari ketikan panjang lebar saya di atas itu, saya cuma mau bilang kalau yang tiap site sediakan itu hanya kebijakan, bukan hak cipta ^^; Makanya mereka tidak menjabarkan mengenai sanksi.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Silent Afterglow
Member Avatar
Class Zero
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@^
Hmm, maaf aja sih, saya kurang setuju sama bagian kalau karya kita belum tentu memiliki hak cipta.

Well, let's think about it. Meskipun dibilang fanfiction, tapi mari kita pikirkan. Namanya fanfiction, berarti fan made. Alias bukan punya si mangaka, bukan punya si developer, bukan punya si penulis. Punya fans.

Dan, seperti halnya mangaka yang duduk di dalam studio buat gambar, developers yang ngumpul buat diskusiin game selanjutnya yang keluar gimana, atau penulis yang konsultasi sama editor untuk membetulkan EYD dsb dsb, para fans juga pasti menuangkan ide dan waktu mereka dalam menulis sebuah fanfic. Saya rasa sudah sewajarnyalah kalau situs yang memberikan fasilitas untuk mempublish fic macem FFn melindungi hak cipta para author.

Quote:
 
Hak cipta milik tiap site itu bukan untuk diberikan pada para pengguna, melainkan untuk content yang berasal dari 'induk' site itu sendiri.


Baik, saya kira content dari main site itu termasuk dalam fanfiksi atau original fic. Yang berarti pada intinya, karya yang kita buat memiliki hak cipta, kalau meninjau dari post Megumi. Toh meskipun fan made, tapi plot, alur apalagi bagi yang punya OC, itu semua punya yang buat kan? Menurut saya sendiri, meskipun hanya fan made, bukan original story, tapi saya rasa harus ada yang melindungi. Karena bagi saya, jika ada karakter yang kita ciptakan sendiri (contohnya saja OC), maka karakter itu sudah ada hak ciptanya. Pernahkan kita ketemu copyright kayak begini (terutama di forum-forum RP)?
Quote:
 
Board (c) blablablablabla 2011

Padahal itu bukan fanfic. Bahkan apa juga gatau. Tapi kalau udah ada copyrights gitu, mana ada yang berani ngopas ulang?

Apalagi, dengan Terms of Service yang diberikan Megumi di post sebelumnya, itu meng-cover copyrights dan plagiarism. Ya, saya setuju dengan memang kebijakan itu belum tentu bisa melindungi pengguna, tapi setidaknya kan melindungi konten di dalamnya. Bukan melindungi pengguna, memang sejak kapan pengguna jadi di copyrights-kan? Lagipula, bukan pengguna yang memberikan hak cipta, tetapi si situs yang menyediakan fasilitas publish story/fanfic.

Maaf kalau agak kacau bahasa saya #deritaujianorz
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
soraru

well, dari awalnya kan kita sudah memakai karakter yang bukan punya kita. apa kita minta ijin dulu kepada yang punya sebelum kita bikin fanfiction/roleplay dengan karakter itu? tidak. makanya, perlindungan yang ditawarkan situs-situs untuk mempublish fanworks hanya sebatas kebijakan yang mencegah adanya abuse or such.

soal OC... itu sudah keputusan author sendiri untuk mengikutkan OCnya di dalam cerita (dalam hal ini, fanfiction), dan saya jarang melihat pencurian OC. bila sampai ribut-ribut, jangan-jangan OCnya sebenarnya mary/gary-sue..! Pencurian cerita atau apapun hasil kerja orisinil kita adalah tindakan kriminal, makanya perlu ditaruh (c) copyright. Bisa dilaporkan ke pihak yang berwenang kok, asal ada bukti yang cukup. tapi kan sulit kalau mengenai OC yang sebatas imajinasi dan hanya dipakai dalam fanfiction atau roleplay atau forum yang just for fun. copyright itu biasanya dianggap serius bila kita berbicara soal sesuatu yang benar-benar murni karya kita sendiri dan telah dipublikasikan secara formal lewat media apapun...
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
Go to Next Page
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone