Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 6
POV (Point Of View); bingung soal keberagaman POV
Topic Started: 7 Jan 2010, 09:43 PM (6,815 Views)
Deimon_DevilBatz
Member Avatar
Kill them all ! YA-HA !
[ *  *  *  * ]
Hi !
Mw nny nih
Qlo bkin fanfic tuh lbih enak d bca n gmpang d mngerti klo P.O.V nya sring gnti2 ato d dominasi oleh P.O.V main char y ?

Xo paz dlu nulis fic eng g pke cra yg gnti2 lmyn sring, ad yg suka jg ad yg protes o_O Jadi bngung

N qlo mw brgnti dialog gmn cranya y biar simpel n praktis ?

Y bgtulah, d tnggu pndpatnya n Thx b4 :nyaaa:

~Digebuk gra2 kbnykan nny~

Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Evey
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
P.O.V emang paling enak kalau konsisten. Misal sejak awal pake POV orang ketiga alias pihak narator, atau sekalian dari POV orang pertama maupun kedua. Menurut saya sih lebih enak kalau POV-nya sama terus, biar nggak bingung. Andai ada pergantian POV pun, ditekankan kepada bagian yang memang perlu. Misal, pake POV orang pertama saat kita pengen berbicara soal masalah emosi. POV orang ketiga saat kita banyak bernarasi..

Ehem, menurut saya sih... Hehe. Kalau pergantian dialog itu maksudnya gimana? O.o
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Cake F. Seiei
Member Avatar
Now I'm dying.. /////
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Seperti kata Evey, mungkin emang bener. Tapi ya tergantung authornya sih. Gimana cara mereka mengungkapkan perasaan tiap karakter itu. Kalo misal pake 3rd POV, dan anda ingin menampilkan emosi suatu chara secara 'lebih' mungkin baik pake 1st POV. Tapi kalo bisa mengungkapkan emosi chara cukup dengan 3rd POV, itu bukan masalah. Malah bagus :D
Tapi kalo 1st POV kayaknya itu cocok kalo mau ficnya didominasi oleh emosi dari karakter utama. Dan saya suka banget pake 1st POV XD
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
DeathCode
Member Avatar
Bonds of people is the true power.
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Batz: jyaha. mnurut w c lbih enak kalo cm pake 1 POV n ga ganti" kcuali emang perlu banget. kalo terlau sering dganti malah bingung bacanya, ribet, soalnya ganti" sdutu pandang orang mulu. apalagi kalo ganti dari msalnya 1st POV k 3rd POV. jyaduh. bingung.

n kalo mw ganti dialog, maksudnya ganti orang ngomong? kalo bsa c pindah paragraf jadi kliatan rapi. kekeke

msalnya

"Halo," sapa Mamori k Sena.

"Ha-halo juga, Kak Mamori!" jawab Sena tergagap.


gitu? ato w yg terlalu sotoy? soalnya w jg ga trlalu ngrti arti pertanyaan u yg soal ganti dialog c (*digetok*)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Deimon_DevilBatz
Member Avatar
Kill them all ! YA-HA !
[ *  *  *  * ]
Thx alot y srannya :nyaaa:

Qlo yg prgntian dialog tuh mksudnya khan krakter A ngmg biz tuh krakter B nanggepin, gmn y enaknya spya prgntian dialog kliatan n gak rbet o_O

Thx b4 ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
DeathCode
Member Avatar
Bonds of people is the true power.
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Batz: yah diganti paragrafnya, kayak contoh yg w kasi di post w sbelom ini.. kalo w n Jo c byasa kayak gtu, mwahaha, jadi kliatannya rapi n ga ribet n orang bacanya jg enak. kekeke
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Cake F. Seiei
Member Avatar
Now I'm dying.. /////
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Reaper: Mungkin maksudnya ganti dialog itu begini...

Saat ia berjalan di koridor, tanpa sengaja gadis itu melihat sang pujaan hati yang juga sedang berjalan. Terlebih lagi ke arahnya. Tak ayal, jantungnya berdegup kencang.

Miya's POV
Eh?! Ada Kin-senpai?! Ba- bagaimana ini? Uh, aku tak sanggup bertemu dengannya. Apalagi setelah insiden waktu itu. Apa yang harus kulakukan? Huaaaa!
End of Miya's POV

Mungkin gitu *sotoy mode*. Tapi kalo menurut saya, kalo 1 st POV yang diselipin cuma sedikit, kayaknya gak perlu pake tulisan pergantian POV. Soalnya kesannya nanggung banget gitu. Apalagi cuma separagraf XP *dibantai*

Kalo yang dimaksud nanggepin, ya kaya Reaper itu. Tinggal ganti paragraf aja. Dan jangan lupa setelah tanda petik pake huruf kapital ;)
Edited by Cake F. Seiei, 7 Jan 2010, 10:15 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
DeathCode
Member Avatar
Bonds of people is the true power.
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Cake-san: err... mgkn emang kayak yg Cake-san contohin? kekeke. saya jg ga terlalu tw c kalo soal pergantian POV. soalnya kalo nulis fic saya biasa pake 1 POV terus sampe tamat. kalo msalnya dari awal tokoh utamanya misalnya Naoto, yah dari awal saya pake kalo ga 1st POV yah 3rd POV Naoto. kekeke.

soalnya saya juga bingung pergantian yg 'mulus' dari 1 POV k POV yg laen. n seinget saya, 3rd POV tuh ada skitar 2 macem ato 3 d, pas kamren bikin tugas inggris djelasin sama guru saya tp saya lupa smua -ditendang- ntar cb saya liat lg di buku ing saya. kekeke.

yah, intinya saya melas gonta-ganti POV -digebukin-

inti yg kdua, reply saya ga guna. maaf.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Cake F. Seiei
Member Avatar
Now I'm dying.. /////
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Iya. 3rd POV itu ada 2. Sudut pandang orang ke 3 serba tahu, sama sudut pandang orang ke 3 terarah. Kalo saya lebih suka pake 1st POV. Abisnya ribet ngejelasin semua chara. Apalagi saya lemah di diksi :P *ga ada yang tanya*
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Evey
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Kalo mau ganti POV dari POV3 ke POV1 kayak yang dicontohin Kak Cake itu, daripada ditulis "Miya's POV"... menurut saya lebih simpel kalau kita italic kata-katanya. Itu juga udah menunjukkan pemikiran. Kalau saya sih gitu hehe :D
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Cake F. Seiei
Member Avatar
Now I'm dying.. /////
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
@Evey: yah kalo cuma secuil ato beberapa kalimat doang emang mending di italic XD
kalo berparagraf2 mending dipisah. Tapi kayaknya jarang pindah POV 1 yang berparagraf2. Di FFn aku sering nemunya cuma separagraf dipisah. Huu. Males baca jadinya *diinjek*
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Deimon_DevilBatz
Member Avatar
Kill them all ! YA-HA !
[ *  *  *  * ]
Wah thx y all replynya :D

Oc deh moga2 fanfic g jdi lbih brkualitas ^^

Tpi qlo grammar c gak bxa d tnggung2 bkal ttep ancur =))
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Cake F. Seiei
Member Avatar
Now I'm dying.. /////
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Kalo grammar, itu harus sering di latih.
Mau nulis english?
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Deimon_DevilBatz
Member Avatar
Kill them all ! YA-HA !
[ *  *  *  * ]
Iy Cake-san ^^
Tpi fic eng g yg dlu c bkn d FFn
G mles pndahin jg
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Cake F. Seiei
Member Avatar
Now I'm dying.. /////
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Nah kenapa males?
Tinggal kopas kan gampang XP
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
ZetaBoards - Free Forum Hosting
Create a free forum in seconds.
Learn More · Sign-up Now
Go to Next Page
« Previous Topic · Fanfiction...? · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 6


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone