Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
Author; Kenapa penulis fic Indonesia menyebut diri mereka Author?
Topic Started: 5 Feb 2011, 08:39 PM (1,065 Views)
phoebeyuu
Premium Member
[ *  *  *  * ]
Humm... no offense sebelumnya. Tapi saya mengamati fenomena mistis alam dunia lain yang berbeda dalam fandom Indonesia dan English secara saya jadi silent observer di keduanya dan mau nggak mau sering meng-compare, yaitu masalah "nama" yang disematkan kepada penulis fanfic.

Di fandom English kebanyakan penulis menyebut diri mereka fanfiction writer, sementara penulis fanfic Indonesia kebanyakan menyebut diri mereka Author.

karena saya lahir dan besar di fandom English (dan situs kepenulisan biasa), begitu diperkenalkan dengan fandom Indonesia saya agak kaget ketika mendengar kata author ditujukan pada saya atau ada orang yang mengajak saya berkenalan dan memberitahu mereka author fandom mana. Jujur, saya kaget karena bagi saya titel Author itu sendiri sebenarnya sangat berat buat saya. Sebelum masuk ke dunia fanfiksi saya terlebih dahulu masuk ke dunia khazanah sastra umum, dan disana (juga di fandom English) membuat saya mempunyai kepercayaan bahwa titel author (atau pengarang) itu adalah titel yang sangat hebat (bahkan Sitta Karina pernah berkata pada saya kalau dia bukan author, hanya seorang writer) hingga saya menjadi agak saru ketika masuk dunia fanfiksi Indonesia dan bertemu dengan kata author dimana-mana. Tapi karena sepertinya hal itu adalah budaya, makanya saya berusaha membiasakan diri menyebut kata author (walau kadang saya masih mempertanyakan kredibilitas saya sebagai author dalam konteks yang saya pahami).

Hal ini membuat saya mau tidak mau bertanya, kira-kira apa yang membuat penulis fanfiksi Indonesia menyebut diri mereka author? karena saya jujur ingin sekali menghilangkan beban di hati saya saat mengucap kata author di dunia fanfiksi. Saya bukan ingin mempertanyakan kredibilitas atau semacamnya, saya hanya ingin tahu term dari kata author dalam dunia fanfiksi itu seperti apa hingga kita bisa menyamakan level pemikiran dan saya nggak akan jantungan lagi tiap mendengar saya disebut sebagai author. :P

Share your thought, yes? ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
himura kyou
Member Avatar
► A ▼ ► A ▼
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
saia juga ga paham, dulu waktu jadi newbie ikut arus aja... tanpa tau asal-usulnya bagemanah..
oh... jadi kalo udah nulis fic, namanya author.. begituh... :p
mungkin lengkapnya fanfiction author, trus disingkat jadi author doank.
tapi memang mungkin walau asalnya dari fanfic author, toh beban makna author dan writer sendiri sudah berbeda banget bagi phoebe-san.
seperti makna sebuah keadilan di Indonesia yang tentu berbeda jauh di negara lain *?* #galau.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Hayato Arisato
The Knight
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Ah, saya emang masih amatir. Soalnya di fandom saya, nama author emang lebih general.

apalagi di profile kan ada tulisan "Author has written ... stories for ..."

jadi saya berkesimpulan orang yang bikin fic itu author atau lebih tepatnya fanfcition author.

Tapi kalau dipikir-pikir makna 'Author' dengan 'writer' emang beda...

Jadinya gmana dong?
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Deleted User
Deleted User

Kita kembali dulu dong ke arti kata Author dan Writer sendiri untuk melihat perbedaannya (perhatikan yang bold):

Writer

- noun
1. a person who writes books, articles, etc, esp as an occupation
2. the person who has written something specified
3. a person who is able to write or write well
4. a scribe or clerk
5. a composer of music
6. ( Scot ) a legal practitioner, such as a notary or solicitor
7. Writer to the Signet (in Scotland) a member of an ancient society of solicitors, now having the exclusive privilege of preparing crown writs

Collins English Dictionary - Complete & Unabridged 10th Edition
2009 William Collins Sons & Co. Ltd. 1979, 1986 HarperCollins
Publishers 1998, 2000, 2003, 2005, 2006, 2007, 2009
Cite This Source


Author

One who is the source of some form of intellectual or creative work; especially, one who composes a book, article, poem, play, or other literary work intended for publication. Usually a distinction is made between an author and others (such as a compiler, an editor, or a translator) who assemble, organize, or manipulate literary materials. Sometimes, however, the title of author is given to one who compiles material (as for publication) in such a way that the finished compilation can be regarded as a relatively original work. The word is ultimately from the Latin auctor, "authorizer, responsible agent, originator, or maker."

Encyclopedia Britannica, 2008. Encyclopedia Britannica Online.


Kalau dari dua sumber yang diatas bisa diartikan bahwa writer itu sebagai 'Penulis' dan Author sebagai 'Penggarang'. Ada betulnya kita yang nulis fanfiction termasuk author. Kenapa? Ya itu karena ng secara langsung kita menciptakan sesuatu yang baru walaupun itu milik orang lain dengan tetap kita bilang 'kita hanya pinjem karakter2 ini for fun'.

So, are you a writer or an Author?

Kalau gw bilang Author justru paling baik. Selain cocok sesuai harfiahnya, writer itu artinya jauh lebih luas. Padahal fanfiction writing cenderung ke arah literatur.

Just my two cents.
Quote Post Goto Top
 
Rinyuuaru
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Ngga penting nih. Tapi bagiku kesenangan menulis itu susah dijelaskan sama kata-kata. jadi bingung deh mau dibilang 'penulis' atau 'pengarang'

mungkin mengarang tulisan? *ngga nyambung*
Hmm, Easy-think? Tapi setuju deh sama Yuu-san. Kalau lebih banyak kata author daripada writer. tapi toh,jangan sampai mengganggu kelancaran berkarya kan? shishishishishi~

Sankyuu~
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
phoebeyuu
Premium Member
[ *  *  *  * ]
@ Kyou-san:
kayaknya saya yang memang terlalu over reacted ya. hasil dicekokin di Kemudian nih siapa yang punya akun di Kemudian?. sampai sekarang masih suka langsung panik "bukan! saya bukan author! saya nggak sehebat itu sampai bisa disebut author!" tiap ada yang tanya saya author fandom mana. Kan jadi agak menggelikan kalau keterusan panik begitu. haha.

Tapi kenapa fandom English juga mencekoki saya hal yang sama ya? ugh, makin susah lepas trauma nih.

@ Hayato-san:
aah... mungkin dari situ ya awalnya. Saya juga sempat mikir ke situ, tapi begitu tanya ke beberapa penulis english mereka bilang mereka bukan author, hanya seorang writer, karena mereka hanya menulis plot kisah tanpa membuat karakter dan setting (kalau bikin fic canon). makanya dogma saya jadi tambah kuat. orz

@ Frenzy-san (boleh saya panggil begitu? Kondisioning saya tiap liat nama SilverFrenzy entah kenapa langsung inget ikan imut2 di Feeding Frenzy. LOL. Peace out!):
Iya. saya juga pernah menanyakan hal yang seperti itu di beberapa penulis Kemudian dan English fanfic, karena saya juga berpikir hal yang sama. Tapi kata mereka level writer itu masih di bawah author karena (merujuk ke definisi Frenzy-san) writer itu merujuk ke segala macam penulisan secara umum. Which is, proses kreasi terkadang tidak terlalu diutamakan dalam writing (menulis summary pelajaran juga kegiatan writing, kan?) sehingga term writer bisa diterapkan dalam segala bentuk. Sementara author (saya ambil dari definisi Anda lagi) adalah orang yang membuat karya literatur. Granted, fic memang adalah sebuah bentuk literatur. Tapi dari yang sering saya diskusikan, untuk menjadi seorang 'pengarang', proses kreatif yang dilalui adalah sebuah proses penciptaan secara keseluruhan (ie plot, karakter, setting, konflik, dll) hingga dapat menghasilkan suatu karya baru yang menarik untuk dikonsumsi. Dan waktu saya menanyakan hal itu pada penulis fic English, mereka berkata bahwa mereka hanya seorang writer, karena mereka hanya menciptakan plot dan konflik sementara karakter dan setting (yang bukan AU) dipinjam dari literatur yang lain, dan sejalur dengan apa yang dikatakan penulis di Kemudian mengenai definisi writer dan author, dengan demikian proses kreatif secara keseluruhan itu tidak tercapai hingga kata author--tidak sebaiknya--digunakan.

Di Kemudian malah lebih parah. Mereka sudah menerbitkan buku masih menolak dibilang author.

Tapi ya, melihat pencocokan secara harfiah saya harus setuju sama Frenzy-san. Mungkin ini hanya cara banyak penulis untuk merendah, atau cara mereka untuk mengklasifikasi saya juga nggak jelas sih. mungkin saya perlu meditasi untuk bisa menyesuaikan diri. :P

@ Maka-chan:
haha. iyaa. bagi orang yang senang menulis sih nggak ada satu pun yang akan mengganggu kelancaran berkarya. Bagi saya juga nulis itu sudah masuk kewajiban seperti makan dan mandi, dan saya bakal uring-uringan kalau nggak diijinin pegang buku dan pulpen seharian. hahaha.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Mitoia Roux G.
Member Avatar
Even though I love you, because I love you...
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
berarti ga salah dong kalo nyebut penulis fic itu author?

saya sih cuma terbawa ombak yg menggulung saya ke lautan kata yg luas dan melenakan ini tuan o///o #lebay
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Dani
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Hmmm.... enggak juga, saya juga nulis di fandom English (terutama di LJ, di kink meme gitu), tapi kebanyakan dari para manusia-manusia yang menulis fanfic itu menyebut mereka author. *contohnya saja di Hetalia sama Durarara!!, kebanyakan mereka jadi anon!author, ada beberapa doang sih yang menyebut diri anon!writer* Kalau saya sendiri lebih bangga dengan status anon!author/author. *gg* Makanya waktu saya menulis fanfic berbahasa Inggris pun saya tetap menyandang author di nama saya. *narsis /ditampar*

Saya sih emang udah kebiasaan dari pertama menulis, entah itu asal kata author dipakai orang Indonesia karena apa. Kalau gak salah sih di FFn sendiri menyebut dengan 'author' juga. Tapi saya kurang memperhatikan.

Kalau menurut saya... penulis fanfiksi itu ya author... kalau writer itu perasaan buat nulis2 artikel atau laporan. Tapi gak tahu juga sih, saya bukan mahasiswa jurusan bahasa. /gak nyambung
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Silent Afterglow
Member Avatar
Class Zero
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Hmm...

Oke, emang secara konteks Author emang berat, tapi writer pun nggak kalah berat. Dan dengan mengacu pada penjelasan Silver tentang writer dan author, memang kedua kata ini erat kaitannya dengan literatur, tapi, writer itu menurut saya adalah sebuah pekerjaan, sedangkan author itu adalah sebuah kesenangan.

Kenapa saya sebut author adalah sebuah kesenangan? Karena writer adalah pekerjaan, intinya, mau nggak mau, atau sedang writerblock pun, harus tetap menulis karena dikejar kejar deadline, dan writing adalah sebuah pekerjaan untuk uang. Sedangkan author adalah kesenangan. Kita bebas menentukan pace pekerjaan kita, dan tidak akan ada yang protes ketika kita memutuskan untuk menghentikan pengerjaan/penulisan suatu karya, paling hanya disayangkan. Coba kalau writer, ketika ia menulis suatu novel yang belum rampung dan tiba-tiba di discontinued, belum dimarahi oleh kepala redaksi, bakalan ada semacam kayak...feeling yang nggak nyaman gitu.

Oke, tapi that's my point of view people.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Neoratu
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Karena saya termasuk yang ga begitu peduli dengan sebutan yang dipakai orang untuk manggil saya (karena bagi saya itu tidak lebih dari sekedar kumpulan huruf yang dipakai untuk menyebut seseorang, sedang kualitas seseorang itu sendiri ga bisa dijudge dari itu saja), jadi saya ngga ikut berdebat mengenai lebih baik dipanggil author ato writer, atau kenapa di fandom indo lebih banyak yg nyebut diri author xD

Tapi cuman menanggapi soal:

Quote:
 
Di fandom English kebanyakan penulis menyebut diri mereka fanfiction writer, sementara penulis fanfic Indonesia kebanyakan menyebut diri mereka Author.

karena saya lahir dan besar di fandom English (dan situs kepenulisan biasa), begitu diperkenalkan dengan fandom Indonesia saya agak kaget ketika mendengar kata author ditujukan pada saya atau ada orang yang mengajak saya berkenalan dan memberitahu mereka author fandom mana. Jujur, saya kaget karena bagi saya titel Author itu sendiri sebenarnya sangat berat buat saya. Sebelum masuk ke dunia fanfiksi saya terlebih dahulu masuk ke dunia khazanah sastra umum, dan disana (juga di fandom English) membuat saya mempunyai kepercayaan bahwa titel author (atau pengarang) itu adalah titel yang sangat hebat.


Well, fandom English itu udah jadi keseharian saya dan field saya selama 3 tahun menggeluti dunia fanfiksi. Tetapi di fandom-fandom yang saya diami, kebanyakan orang menyebut diri mereka juga sebagai Author. Saya pikir, itu karena FFnet (yang jelas2 wadah terbesar untuk FF so far) menyebut penulis fanfic sebagai author. Jadi orang-orang sepertinya hanya mengikuti arus saja. Ngga peduli mau fandom English atau Indonesia kok. Soalnya penulis fandom English yang saya kenal rata-rata juga selalu menyebut diri sebagai author atau authoress. Mungkin itu juga tergantung dari pemikirian masing2 orang juga. Ada yang berpikiran seperti Phoebe dan menganggap titel author itu berat, ya mereka mungkin memilih membahasakan diri mereka sebagai writer. Tetapi ada juga yang menganggap diri mereka sebagai pengarang fanfic dari pada penulis fanfic, ya mereka menyebut diri mereka sebagai author. Lagipula ada embel-embelnya juga didepannya: fanfiction author, bukan sekedar author, jadi ngga menyalahi juga. Kira-kira seperti perbedaan doujin-ka (pembuat doujinshi) dan manga-ka (pembuat manga), bukan? ^^
Yah, tapi tetep aja sih, 99% saya yakin itu hanya dari ikut2an arus saja kok :p
Edited by Neoratu, 11 Mar 2011, 09:22 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Deleted User
Deleted User

@^ Seidem ama yang diatas aja...

Ikutin aja. Kalo dari sononya FFn bilang author ya wes... #plak Kalo lebih suka dipanggil writer yah monggo2 (silahkan)...

Bilang aj, n we'll respond. ;) #dorr X_X

Quote Post Goto Top
 
a1y-puff
Member Avatar
Meong Meong Meong!
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Mau ikutan nanggepin juga. Saya juga besar di English fandom udah 3 tahunan lebih dan dari awal saya kecemplung di fandom English udah ketemu sama para penulis fanfic yang menyebut diri mereka author. Saya besar di LJ sih memang ketimbang ffnet, dan di LJ kan kalo ngepos fic di community-community gitu selalu harus ada format header yang sudah ditetapkan sama si empunya community, seperti misalnya:

Quote:
 
Title:
Author:
Fandom:
Characters/Pairing:
Word Count:
Rating:
Summary:
Warnings:
Disclaimer:
A/N


Biasanya ini bentuk baku dari format yang harus ada saat seseorang mem-post fic, dan saya lihat dari banyak community yang saya ikuti, formatnya nggak akan jauh dari ini. Jadi saya rasa ini bukan masalah fandom Indonesia dan fandom English =)

Dan karena saya besar di LJ, waktu mem-post fic di ffnet pun saya terbiasa menggunakan format ini di atas fic saya ^^ itu aja sih. Saya mikirnya emang gak ribet, ngikutin arus aja XD
Edited by a1y-puff, 11 Mar 2011, 08:20 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Akaneeeee
Member Avatar
all my heart ♥
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Saya sih tidak masalah mau diebut/dipanggil apa saja. Tapi menurut saya kata 'Author' lebih cocok daripada 'Writer'.

Menurut saya Author itu lebih mengarah pada karya-karya fiksi, seperti kita-kita yang menulis fanfiction. Sementara 'Writer' merujuk pada karya-karya yang lebih umum, dan non-fiksi. Contoh ya, 'seorang Jurnalis adalah seorang Writer, tapi bukan seorang Author.'

Eh bener nggak sih?

Yah itu menurut pendapat saya saja.

Saya juga dibesarkan di fandom English, dan jarang menemui kata 'Author', jadi sama seperti phobeyuu-san, saya juga agak kaget saat pertama kali masuk fandom Indonesia. Hahahahaha.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
a1y-puff
Member Avatar
Meong Meong Meong!
[ *  *  *  *  *  *  * ]
"Akaneeeee"
 
Saya juga dibesarkan di fandom English, dan jarang menemui kata 'Author', jadi sama seperti phobeyuu-san, saya juga agak kaget saat pertama kali masuk fandom Indonesia. Hahahahaha.


Maaf, kalo boleh tau, Akaneeeee-san dan phoebeyuu-san dari fandom mana ya? Soalnya semua fandom saya di English fandom pake "author" sih, jadi saya penasaran xD;;

Soalnya baik di LJ maupun di ffnet saya hampir selalu menemui kata "author", palingan kalo di kink meme suka ada yang pake anon!writer.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Neoratu
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
a1y-puff
13 Mar 2011, 04:07 AM
"Akaneeeee"
 
Saya juga dibesarkan di fandom English, dan jarang menemui kata 'Author', jadi sama seperti phobeyuu-san, saya juga agak kaget saat pertama kali masuk fandom Indonesia. Hahahahaha.


Maaf, kalo boleh tau, Akaneeeee-san dan phoebeyuu-san dari fandom mana ya? Soalnya semua fandom saya di English fandom pake "author" sih, jadi saya penasaran xD;;

Soalnya baik di LJ maupun di ffnet saya hampir selalu menemui kata "author", palingan kalo di kink meme suka ada yang pake anon!writer.
Ideeeeeem saya juga pengen tahu klo boleh xD
Soalnya sama kayak Ai-puff, fandom English yang saya diamin defaultnya pake author, bukan writer (tapi fandom saya dan Ai yang sama cuman 2, yang laennya beda kok, dan tetep pake author semuanya). So saya penasaraaaan :D
Edited by Neoratu, 13 Mar 2011, 04:14 AM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
Go to Next Page
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone