Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 3
  • 4
Menulis dari PoV tokoh yang berlainan gender dari penulis
Topic Started: 5 Dec 2010, 06:55 AM (1,824 Views)
Aquamarine
Mau Melihat
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Berhubung topik kemarin sepi sekale, huhu.
Let me bring this nu topic.

Yah. Menulis dari pov yang berbeda dari gender anda.
Misal anda perempuan, anda menulis dari pov pria.
Anda pria, menulis dari sudut pandang tokoh perempuan.

Adakah kesulitan yang kamu rasakan?
Ada tips dalam mengatasinya, mungkin?

Atau kamu penulis pria, ingin bagi-bagi pencerahan tentang bagaimana pria biasanya bertindak, berpikir, merasa. Pola umum pria.
Atau penulis cewek yang bisa bagi-bagi informasi gimana biasanya cewe bertindak, berpikir.


Tentu saja ga mutlak banget, karena masing2 tokoh bisa saja beda walau gender-nya sama.
Hanya sekedar yang umum.

Silakan ( thread starter udah pusing duluan)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
aRaRaNcHa
Member Avatar
Simple happiness
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Oh, saya mengerti!
Jadi misalnya saya kan perempuan, trus nulis dengan 1st POV karakter Sasuke?
Simple saja, saya biasanya bertanya pada teman2 cowok saya bagaimana seorang cowok 'cool' bersikap.
Alhasil nggak ada kesulitan berarti sih.
Hehehehe... :3
Atau, kayak memperdalam karakter itu saja, dan bayangkan kalau kita itu 'dia'! :3
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
himura kyou
Member Avatar
► A ▼ ► A ▼
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
kebetulan Deidara muka dan sifatnya kayak cewe lagi pms *apalagi ada Tobi di sisinya* jadi gampang ngebayangin diri jadi beliaw waktu nulis fic /plak.
.
..mungkin karena fic2 saia yang pake PoV cowo ga bergenre romens, jadi saia ga tlalu memusingkan gimanagimananya cowo berpikir dan bertindak secara cowo, mungkin lebih ke sifat2 umum manusia setres yang bisa diaplikasikan baik ke cewe cowo maupun waria hahah sotoy yay
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
taskebab
Member Avatar
~Submission~
[ *  *  *  * ]
Saya sih secara umum ga ada kesulitan, secara saya kalau bikin puisi dari sudut pandang prianya (romance) dan orang ketiga. Cuma penghayatannya aja mungkin yang kurang jelas.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
niedlichta
Member Avatar
*faints*
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Ah... *ngelirik fic humor gaje punya sendiri dengan pov Naruto*

Kalo Tama ga terlalu mikir ke laki-laki atau perempuannya, tapi lebih ke tokohnya. Walau kemaren sih waktu nulis, sedikit meriset juga gimana keadaan seseorang waktu ditempatkan ke kejadian kayak gitu--soalnya keadaannya Naruto ada di forum mirip-mirip Infantrum, jadi gampang merisetnya. :P
/tabok-ed

Tapi kalo feelnya, mungkin karena saya agak ngaco juga, rasanya agak gak dapet deh.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Silent Afterglow
Member Avatar
Class Zero
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Saya ngga ada kesulitan kok mainin 1st PoV char cowok.
Tapi saya, biasanya nulis cerita itu dari dua sudut pandang, jadi intinya saya ngga ada masalah.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
sylviolin
Member Avatar
good bye.
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
a-aku malah belum pernah nulis dari POV seorang cewek ;__;
biasanya nulis POV cowok (kalo orang pertama atau kedua).
atau suka juga pake POV serba tahu.

dan sejauh ini, selama karakterisasinya bisa kudalami (walaupun gak dalem" banget sih huhu), lancar" aja kook! :D
walaupun terkadang agak susah memilih kata" buat dialognya sih -___-a <-- trus apanya yg lancar -_-
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
suzu
Member Avatar
ganteng
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
hm... kalo dipikir-pikir, PoV cowok yang selama ini sudah berhasil saya buat itu...

1) PoV-nya Minato (P3), berhubung saya cuma ngangkat soal kenyataan ini itu dll dsb jadi nggak susah.
2) PoV-nya Koromaru (P3), ...Koro-kun itu anjing, jadi saya ga tau deh itu sudah bener apa ngga.
3) PoV-nya Zelkova (.hack//G.U.) berhubung Zelkova adalah anak yang baik lagi manis, jadi ga susah menangkap karakternya.

...okelah, kayaknya ngga ada yang bener deh.
mungkin susah juga, soalnya jalan pikiran cewek sama cowok kan beda. tapi kalo saya lagi iseng coba-coba bikin fic pake PoV cowok, biasanya ngebayangin kalo misal cowok diginiin tuh gimana, sensi cowok itu seberapa, cowok macem ini kalo dibeginikan blablbalba dan cowok macem itu kalau dibegitukan yada yada yada. atau ngambil contoh sifat cowok (contoh paling dekat: kakak), jadi dari situlah ngebayanginnya :D
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
frau.amsterdam
Member Avatar
Honored Member
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Ahaha, sering tuh saya karena saya itu orangnya manly banget (padahal saya cowok) dari POV-nya Severus Snape, Arthur Kirkland, Mathias Kohler/Denmark, Berwald Oxenstierna/Sweden, dsb.

Tapi sekalinya gw marah pernah juga bikin POV Fem!Finland, gw jarang bikin melankolis kayak gitu sih ._,
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Mitoia Roux G.
Member Avatar
Even though I love you, because I love you...
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
ngomong2 saya pernah bikin fanfic pake POV yg berlainan gender, Kyon dari Suzumiya Haruhi no Yuutsu.
dan karena Kyon itu tokoh yg apa adanya dalam mengungkapkan kesehariannya, penulisannya jadi lebih gampang.

well, menurut saya bikin PoV lelaki lebih menyenangkan buat saya, karena bahasanya cenderung cuek dan apa adanya. sedangkan PoV perempuan lebih gampang buat mengeksplor keindahan bahasa.

masing2 ada kurang dan lebihnya sih menurut saya.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
mesti
Member Avatar
ShouNao Forever
[ *  *  *  *  *  *  * ]
hmm..karena saya nulis RPF, jadinya selalu dari POV cowok :D tapi rasanya nggak terlalu sulit juga sih, soalnya saya bikin karakterisasinya berdasarkan interview dan terjemahan blog dari yg bersangkutan, jadinya nggak terlalu melenceng koq kayaknya
saya cuma sekali bikin fanfic dari pov cewek, tapi itu berdasarkan rikues yg detail bgt, jadi karakterisasinya udah jelas =))
tapi saya nggak sanggup bikin ori-fic dari pov cowok T_T
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ficfan
Member Avatar
King of Forgotten Lands
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Oke. Aku cowok, dan bergerak di fandom Harry Potter. Selama ini sebagian besar fic yang kutulis adalah dengan POV Harry Potter sendiri, jadi tidak ada masalah.

Tapi, dulu pernah nyoba nulis fic dengan POV cewek, dan hasilnya, walahdalah...

HANCUR.

Berantakan.

....

Sulit sekali menulis dengan POV cewek. Rasanya terlalu berbeda! Rumiiit!! Aku kadang konsultasi ke teman2 dan rekan kerjaku di kantor, kalau mau nulis fic dengan POV cewek, tapi... mereka juga kadang malah mengatakan "Ah, susah dijelasinnya!"

Intinya... aku merasa sangat kesulitan menulis fic dengan POV cewek T_T
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Chyka
i love you. shall i destroy you? ♥
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Menulis dari POV lawan jenis ya... entahlah, saya jarang pake POV yang benar-benar sudut pandang orang itu. Jadi paling cuma POV serba tahu tapi yang disorot adalah satu tokoh. Lebih mudah begitu.

Tapi pernah sih ya, beberapa kali mencoba menulis dari pov lawan jenis... kalo untuk friendship, nggak ada masalah. Toh dari riset dadakan saya, apa yang ada dipikiran cowok tentang pertemanan lebih simpel dan bermakna dari cewek. Kalau romance... nah, itu dia. Hancur abis-abisan. Langsung jadi OOC deh itu cowok =A=

Tapi emang yang harus didalami itu karakterisasi tokoh sih, biar mudah. Kan ada juga chara cewek/cowok yang setipe gitu, sesuaikan saja. Menurut saya sih gitu.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
sanna-chwan
Member Avatar
looking at the sky blue eyes
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Aku ga suka pake 1st POV, biasanya pake 3rd POV.
Tapi ada satu sih yg 1st POV dan itu cowok.
Kuncinya sih cuma kamu mengenali dan mendalami karakter itu dengan baik.
Berhubung chara cowok yg bersangkutan itu tipe cowok mellow ya bisa-bisa saja dibuat berpuitis. Emang dia mellow banget, romantis hehehe...
Tapi ada juga dengan pairing yg sama, temenku, author lain, dia cowok tapi gantian pake POV si cewek untuk POV cowok yg kupake tadi. Dan menurutku cocok juga, ngerasa klo itu cewek bgt. Aku malah ga keikiran ke sana.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
phoebeyuu
Premium Member
[ *  *  *  * ]
umm,,, kalo saya... walopun saya cewek tapi katanya saya memang lebih bisa nulis tokoh cowok daripada cewek. mungkin karena saya tomboy. hahahaha. ^^

kalo tips untuk nulis karakter cowok sih, menurut saya...
1. jangan main perasaan, tapi main logika. jadi kalau misalkan si cowok menyukai seseorang, deskripsinya lebih baik jangan feeling-based, tapi lebih ke arah mana dia berpikir dengan logika, misalkan apa yang terjadi kalau dia mengambil jalan ini, atau apa yang akan menguntungkannya kalau ia menembak si X, dll.
2. ngomongnya diperdikit dan banyakin di deskrip gerakan, pandangan, dll. secerewetnya cowok, biasanya nggak ngomong sebanyak cewek. setidakny cowok yang saya tau begitu.
3. perbanyak deskripsi gerakan yang maskulin, kayak mengedikkan bahu, mengibaskan tangan acuh, dll.

yah... itu sih menurut saya. tapi saya juga masih butuh banyak meneliti cowok sih. *ngelirik temen2 cowok*

Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
Go to Next Page
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 3
  • 4


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone