Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 2
  • 4
Kamus Fanfiction; baca dulu definisinya di sini, kalau gak jelas baru tanya yah ^^
Topic Started: 16 Mar 2010, 12:20 PM (23,306 Views)
ShiueFha-chan
Member Avatar
Honored Canon OTP! ^^
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Sama-sama. :)
Mungkin ada yang mau tanya lagi?
Edited by ShiueFha-chan, 23 Jun 2011, 04:05 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
fariacchi
Member Avatar
hanya tinggal nama
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Baru sadar. Di kamus tidak ada penjelasan definitif untuk genre Spiritual yah? Ada yang bisa memberi definisi?
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
himura kyou
Member Avatar
► A ▼ ► A ▼
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
kalo hasil diskusi soal genre spiritual yang ada di tret 'tanya soal genre' itu cukup meyakinkan tak?
saia sendiri juga ga terlalu mudeng sih :/
linknya ada di post terakhir saia di tret itu, tapi males ngopas lagi #plak.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
neolavender
Member Avatar
In the search of Paradise, the elephant went through hell.
[ *  *  *  *  *  *  * ]
anu... itu yang tulisannya 'noncon' seharusnya kepanjangannya bukan non-consentual tapi consensual...

terus, saya pernah ngeliat istilah 'EWE' di salah satu fic Inggris. Itu artinya apa, ya?
Edited by neolavender, 20 Sep 2011, 11:06 AM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
nico

Sy sangat terbantu dengan kamus ini. Makasih....
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ambudaff
Member Avatar
Reinkarnasi
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
...baru liat pertanyaannya neolavender ...

Kalau di fandom Harry Potter, EWE itu artinya: 'Epilogue? What Epilogue?' buat orang-orang yang ga puas dengan akhir buku 7, dan membuat fanfic sendiri. Biasanya Severus Snape masih hidup, atau Draco jadian dengan Hermione, pokoknya ending yang diinginkan oleh penulis... Nggak tahu kalau di fandom lain...
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
dimlightcious
Member Avatar
Premium Member
[ *  *  *  * ]
Istilahnya ternyata banyak banget, yaaa :confused: Saya sendiri cuma tahu beberapa aja *dasar author nggak guna* T_T

Makasih banget buat infonya! :excited: Sangat membantu! Kadang saya sendiri bingung saat mau nentuin AR/AT... :writes:
Akhirnya masalah terselesaikan jugaa!
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Beatrixmalf
Member Avatar
menghilang dari peradaban
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Terima kasih atas infonya! :love: sangat membantuu!

Tapi jujur, masih ada beberapa istilah yang gak saya temuin disini ya? :panic:

Engg... kalau 'prompt' itu artinya apa ya? Lalu genre yang merujuk ke drama, saya masih bingung apa bedanya sama romance :sorry:

Tolong dijawab yaaa bagi yang tahu ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Giselle Gionne
Member Avatar
"I lost all my men because of her!"
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
fariacchi
29 Jul 2011, 02:23 PM
Baru sadar. Di kamus tidak ada penjelasan definitif untuk genre Spiritual yah? Ada yang bisa memberi definisi?
Umm, saya coba jawab, ya. ^^

Spiritual itu berkaitan dengan tekanan batin seorang tokoh hingga menyebabkan masalah psikologis ataupun munculnya ilusi-ilusi mengenai keinginan seorang tokoh yang tak bisa dipenuhi.

Contoh: Sakura sangat mencintai Sasuke, tapi Sasuke sudah meninggal. Namun Sakura dikisahkan tetap berlaku bahagia, senang, dan berakting seolah Sasuke ada disisinya, padahal tidak.

Contoh kedua: Seorang tokoh 'bayangan'. Seperti; Sasuke mencintai seorang wanita bernama Sakura. Gadis itu sangat ceria, juga manis dan unik. Sakura kerap hadir di dalam hidup Sasuke. Namun, sesungguhnya Sakura itu hanya gadis imajinasi Sasuke saja.

Contoh lainnya lagi: Seorang gadis me reminiscence mengenai masa lalunya dengan seorang pria, misalkan. pria itu kerap mengiriminya surat, dan ingin sekali surat itu dibalas oleh sang gadis. Namun, sebanyak dan seindah apapun rangkaian kata yang gadis itu tuangkan di dalam suratnya untuk sang lelaki, semua akan menjadi percuma. Karena lelaki tersebut sudah tidak ada. Genre ini bisa dipertegas dengan kalimat 'Aku memperhatikan kotak suratku dan seluruh amplopnya berubah warna menjadi lusuh. Helaan nafas berat menguar. Mendadak sekelilingku kembali sunyi. Tidak ada lagi orang-orang yang tengah memperhatikan kembang api. Kotak surat ini selalu mengingatkanku pada hari itu, hari dimana aku bertemu dengan Tyronn untuk yang terakhir kalinya. Kira-kira, sudah berapa lama waktu berselang semenjak itu? Amplop surat yang ia kirimkan tak pernah kubaca, karena jika aku membaca dan membalas surat tersebut, ia takkan menjawabnya.'

jadi, singkatnya, spiritual itu mengenai alam bawah sadar dan masalah psikologis maupun imajinasi yang tumpah seperti realita. ^^
Edited by Giselle Gionne, 5 Apr 2012, 09:07 AM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Magma Maiden
Member Avatar
wybu hyna
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
ada yang bisa membantu soal pengelompokan fanfic berdasarkan jumlah katanya?

setahuku ada drabble (100 kata), vignette, ficlet, minific, dan lain-lain... tapi masih bingung yang mana yang lebih banyak jumlah katanya dan mana yang lebih sedikit dan mana yang asdjhdshgjdhfsjh...

*pingsan*
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Neng Tya
Member Avatar
daisuki, Shan-ju!
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Beatrixmalf
25 Mar 2012, 10:07 PM
Engg... kalau 'prompt' itu artinya apa ya?
Prompt itu ... sebuah/beberapa kata yang kamu "tonjolkan" dalam karyamu (entah itu fanfic/orific/fanart/apapun itu), baik secara tersurat atau tersirat. Mirip tema, tapi prompt ini lebih spesifik dari tema (tapi bukan berarti menjadi judul karyamu juga).

Ada yang bisa mengoreksi jawaban saya ini?
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
kangyeongsuk
Member Avatar
Premium Member
[ *  *  *  * ]
nnh, terimakasih sekali, tret ini sangat membantu :D

hanya ingin menanyakan lebih lanjut...lurker itu sama silent reader beda ya? saya bingung bedainnya soalnya hehe (/.\)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Giselle Gionne
Member Avatar
"I lost all my men because of her!"
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
^ saya coba bantu ya...

Untuk lurker, setau saya itu org yg bisa ngasih kontribusi berupa desain grafis untuk mempercantik layout seseorang dengan editan siggy, ava, banner, dan lain-lain. Ini sih karena di forum lain posisi lurker sebagai para editor gambar. Tapi kalo arti lurker di FFn... krg tahu deh saya

Silent reader itu para pembaca fic tampa meninggalkan jejak berupa review
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
aRaRaNcHa
Member Avatar
Simple happiness
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Lagi dong, untuk tambahan istilahnya... aku mau tanya perbedaan dari istilah 'fanon', 'modified-canon', sama 'semi-canon' itu apa bedanya ya?
Terima kasih sebelumnya. :)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
ambudaff
Member Avatar
Reinkarnasi
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Quote:
 
Fanon is any element that is widely accepted among fans, but has little or no basis in canon.
Sometimes it's a small event in canon that gets exaggerated;sometimes it's something in a fanfic story that gets picked up on and repeated by other writers until it's so common that newbies might think it's a canonical fact.
Sumber: http://www.fanlore.org/wiki/Fanon


Modified canon, semi canon, itu istilahnya authors aja untuk menyebut bahwa fiksinya mengandung sebagian canon tapi sebagian lagi enggak, entah AU, AR, atau apalah...
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
Go to Next Page
« Previous Topic · Fanfiction...? · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 2
  • 4


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone