Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 13
Author-author Bebal =_=; Sebaiknya gimana menghadapinya ya!?
Topic Started: 29 Nov 2009, 11:06 PM (4,985 Views)
ShiueFha-chan
Member Avatar
Honored Canon OTP! ^^
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
*Baru lihat keseluruhan tret, dan akhirnya ngeh kalau hampir semua yang ada disini tahu dia itu siapa*
Duh, ternyata saya telat. T_T *dijitak rame-rame se-Infan*

Setuju. Jumlah fic nggak bisa dijadikan patokan untuk melihat kualitas seorang author. Di post sebelumnya, saya lihat kalau dia mau memperbaiki dirinya, tapi nggak mau pake jasa beta reader *sendirinya juga gitu*, dan saya lihat ... belum ada perkembangan yang signifikan sama sekali dari dia.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Galaxy Silver
Member Avatar
Intermediate Poor Member
[ *  *  *  *  *  *  * ]
EH. Pd tau siapa dia?! Saya ndak tauuuuu. *diinjek* Jumlah fic jgn dijadikan patokan bahwa author tsb udah senior ato jago n sejenisnya, tapi liat dari isi fic-nya. Yeah bener kata pos2 diatas, kalo jumlah fic tidak memengaruhi kesenioran (?) seseorang. Kecuali author PD n sombong yg ngerasa udah senior karna fic-nya banyak n seenak jidat nge-flame (maksutna ngeritik tapi pedes) tanpa tau aturan menulis eh mengetik.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Angelica Miku
Member Avatar
INACTIVE ; UNDER PERMANENT HIATUS
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Oh ternyata ada trit beginian toh.. Kalo gitu ane numpang curhat ya tentang author bebal yang saya temuin...

Ada seorang author (yang dulunya) bernaung di fandom Persona Series. Kita sebut aja inisialnya O. Saya cukup kenal ama dia soalnya saya udah berteman ama dia lewat fb dan dia sering nge-publish fic ancur di notes fbnya. Dulu, dia sering nulis di fandom Persona dengan mengguyurin fandom ybs dengan fic gajenya ah padahal sendirinya lu juga, Miku dan waktu itu saya masih nubi jadi belom ngerti apa-apa dan gak berani kasih konkrit. Dan denger dari dia, dia terus pindah ke fandom KH (Kingdom Hearts) dan lagi-lagi dia mempublish cerita anehnya dan saya kasih concrit via review. Dan, guess what happens next!

Dia nge-ReRe saya.

Dan isi ReRenya itu sumpah munafik, self-defense nyolot gitu. Isinya dia bilang dia masih newbie (padahal udah saya ajarin suruh betulin EYD sama segala typo dia di beberapa notes fbnya) dan oh Tuhan dia masih ngulang kesalahan yang sama. Saya ngerti ama perasaan senpai-tachi sekalian kalo menghadapi author beginian. alah padahal lu masih junior

Sekian curcolan sarkastik saya. :sorry:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Megumi Kei
Member Avatar
Incest are very welcomed indeed (ื▽ืʃƪ) /plak
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
...............Saya juga tipe author yg nuntut review di chapter 1 untuk memastikan apa ceritanya layak lanjut atau ga =____="

Nwayz, balik ke topik.

@Angelica Miku: Dari fandom Persona Series dgn inisial O? Huh... Berasa pernah tau, tapi ga bisa inget lantaran udah lama banget ga kunjung sana. Dia author yg biasa nongolin chara apa?

Oiy, mengenai author bebal di fandom Persona, pernah nemu 1 tapi dari kategori English language sih. Yg authornya pakai avatar The Simpsons (lupa nama ==') Dia juga udah dihujam sama author2 luaran sana, tapi kayaknya ga dia gubris tuh, mengingat jumlah fic-nya nambah terus. Yah, saya sih bacanya cuma bisa ngakak n ga ninggalin review karena keliatannya percuma sih... Tapi, bukan grammar dia yg jadi permasalahan besar di sini, melainkan ceritanya.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Giselle Gionne
Member Avatar
"I lost all my men because of her!"
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Pernah ketemu sama author bebal dari fandom Naruto, karena kebetulan dia minta saya betain ficnya.

Pertama2 waktu saya cek, isi fanfic dia plagiat semua. Ada yang plagiat dari anime lah, manga lah, dari fanfic karya author lain lah, dll. Dia juga dikritik habis2an di bagian review karena tokohnya terlalu OOC, tulisan berantakan dan lain sebagainya.

Akhirnya saya bilang sama dia, untuk memperbaiki kesalahan dia dengan membaca ulang semua review dia. Saya juga ajarin dia kapitalisasi, bagaimana menulis yang benar, mengindari kata dobel, EYD, dan lain sebagainya. Tapi dia tetep gak merubahnya, dan saya heran setengah mati. Sekarang sih anaknya udah gaktau kemana.

Yang kedua, dari fandom Resident Evil. Anakanya sih masih SD, saya mungkin maklum kalo dia belum bisa menulis secara sempurna. Dia juga pernah dikasih konkrit sama aRaRaNcHa-san mengenai EYD, letak paragraf, kapitalisasi, dan lain sebagainya. Awalnya saya diemin dulu, apakah dia mau berubah dengan konkrit dari beliau.

Fic berikutnya anak itu post, gak ada perubahan sama sekali. Bahasa masih ancur, disajikan dengan berantakan, titik koma bertebaran dengan sangat berantakan di sana-sini. Oke, saya mulai kasih konkrit di setiap fic dia, termasuk di setiap chapter untuk fic dia yang berbasis multi-chapter.

Gak mudeng juga. Padahal saya selalu wanti2 untuk memperbaiki gaya tulisan dia. Terus saya pikir lagi, saya punya temen masih SD tapi gaya menulis dia jauh lebih baik daripada si author di fandom Resident Evil ini.

Moga2 sih dia bisa lebih tenang dalam menulis fic nya supaya gak berantakan lagi tulisannya, karena saya liat di wall FB-nya, dia kayaknya semangat banget untuk menulis fic hingga tidak diperhatikan isi fic itu sendiri.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Chocochino
Member Avatar
This is leevee
[ *  *  *  * ]
Pernah ketemu dari Penguins of Madagascar, dan ficnya difavorite oleh salah satu senpai di sana.

Orangnya ini ... setengah aneh. Debut pertamanya adalah sebuah fanfic 41 chapter dengan total kata 43k dan diupdate kira-kira 2 hari sekali. Jangan heran kalau banyak tiap chapternya direview oleh hanya satu orang yang akhirnya menjadi adik-kakak (mereka berdua cowok) dan baru di akhir punya banyak reviewer. Aku ... bisa dibilang tidak termasuk, karena sepertinya aku hanya memberi flame dengan mengatakan ceritanya itu sinetron banget. Untung salah satu usulanku diterima, yaitu memberi tanda 'complete' karena aku memang mereview di chapter 41.

Fic keduanya ini yang difave oleh salah satu senpai yang aku kagumi. Aku juga waktu itu mereview hampir semua chapter, namun dia nggak mereview balik punyaku--beda sama yang lain. Satu hal yang bikin aku bingung, mengapa sepertinya dia bukan tipikal orang yang berniat membalas review? Kami berteman di FB, kenapa nggak pernah ngomong atau gimana. Menyebalkan.

Dan ini yang paling membuatku dan temanku gondok ... dia bukan orang yang memperhatikan tata bahasa dan cara penulisannya nggak pernah bisa berubah!

Ini yang ngeselin. Sekali baca ficnya, kalian bakal langsung pengen mencerca tanda bacanya yang berserakan! Atau yang bener aja deh, masa udah rated-M, kata 'shit' itu masih disensor! Gosh ... yang bener aja deh! Udah gitu sepertinya dia mulai memiliki sifat untuk mengabaikan fic-fic yang dia buat tanpa tanda 'discontinued' atau 'hiatus' atau apalah. Kalau mau buang aja, sih! Aku dan temenku udah lumayan sering mengkritiknya, tapi nggak dihiraukan sama dia. Mau berkembang nggak sih?

Dan diksinya, oke ini lumayan ganggu. Sama sekali nggak ada perubahan.

Hah, sudahlah. Nggak usah bergosip lagi.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Arsa
Member Avatar
queen of screamo♕
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Ada satu di fandom Bleach, waktu saya masih dikenal dengan nama lexazure alias Lilium Lexazure.

Salah satu author yang memasukkan OC ke dalam fanficnya. Dan saya mengenal dekat author tsb, karena dia termasuk dalam komunitas pertemanan saya di Fandom Bleach Indonesia waktu itu. Umurnya lebih tua daripada saya.

Tapi... ya... begitulah.

OC-nya itu sangat Mary Sue. Sangat. Sangat. Sangat. Saya berusaha untuk tidak memedulikan perihal OCnya yang sangat mengganggu di fanfic Bleach tsb. Tapi tetap tidak bisa. OCnya itu bahkan menjadi tokoh utama dan memiliki kekuatan yang (tampaknya) tak tertandingi. Dia pernah mengirim pesan ke saya, ingin meminjam OC saya untuk dimasukkan ke dalam fic yang sama.


Hasilnya: OC saya dibantai semua.


Oke, ini OC. Nggak apa-apa sih. Saya nggak keberatan munculnya sedikit. Tapi please, hargain sedikit usaha saya untuk membuat OC (yang sekarang ini telah saya lupakan sebenarnya). Lalu, karena dia masih saja membangga-banggakan OCnya yang selangit itu termasuk di facebook saya (dan agak nyampah... kalau boleh jujur), saya menggunakan fitur block users.

Kejam?

Ya terpaksa, daripada saya jadi dendam kesumat gara-gara dia doang :pout:

Oh ya, saya langsung ketemu siapa author yang dimaksud Kak Sanich :D Sekarang dia sudah menulis 95 cerita lho, kak. Huehehe, mari kita lihat saja sepak terjangnya. Sampai kapankah dia bertahan? apaini
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Clarione
Member Avatar
Premium Member
[ *  *  *  * ]
saya belum pernah, untungnya xD
kalo jadi Kakak aku juga pasti bingung, tapi kadang jujur soal kejelekkannya lebih berguna lo, Kak, dari pada ngikutin terus semua maunya dia xD
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Waffle R. Dewey
Member Avatar
Writer of Darkness World
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Author bebal yang pernah aku temui itu pengalaman buruk yang tak terkira, beruntung aku ngga ikut berdialog dengan dia.. :shock:
sekarang sih entah kemana orangnya, ganti nama akun kali, soalnya kemarin itu FF'nya juga dihapus, menurut dugaanku sih kena RA :D

Dulu aku suka gentayangan dimana-mana :hantu: sebagai reader yang tak punya tujuan apa-apa aku hanya menjalani aktivitas FF ku seperti biasa.
lalu aku ketemu fic dia, awal aku baca sih Rate T menceritakan tentang konflik batin seorang adik mengalami cinta terlarang (dia suka sama kakaknya sendiri)
tapi setelah beberapa minggu dia ubah jadi Rate M.. dan plotnya pun berubah menjadi waaaaa (sensor) lalu dia melakukan (sensor) dan kemudian mereka (sensor) setelah itu mereka (sensor) (sensor) dan begitulah.

Ficnya yang menceritakan ttg hubungan I*cest tersebut sontak menuai Flame, lalu apa .. dia malah tetap lanjut update sambil bilang di author notenya:
"Pada dasarnya kami para parasit FFN harus ada untuk melengkapi kalian. Tanpa kami kalian takkan mendapat reputasi baik, tanpa kami kalian takkan mendapat kesempatan untuk ujuk gigi mengeluarkan pendapat-pendapat bercahaya berisikan pembelaan kepada apa yang seharusnya benar. Kami ada untuk melanggar aturan dan kalian ada untuk menghapus orang-orang seperti kami. Kami ada di FFN untuk memainkan peran kami."

:shock: dia malah menantang Guidelines.
Well, itu mengerikan tapi menurutku sekarang dia udah kena batunya :writes:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Kamen Rider Official Fanboy
Member Avatar
"I love everything that contain dark."
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Kalau caranya Rayhan itu pertama pakai peringatan halus. Lalu peringatan agak kasar. Baru lapor ke admin soal author itu. Yah ... cara ketiga itu kalau udah nggak bisa negosiasi lagi. :P Di FFN emang rawan author bebal. Karena bagaimanapun, manusia itu pasti punya sifat keras kepala. :music:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Tomato Bun
Member Avatar

Saya pernah lihat beberapa author bebal di Fandom Naruto.
a. Namanya sih och* gl*dek. Dulu saya menganggap beberapa fanficnya lucu dan sekarang saya menganggapnya bebal. Alasannya karena kemampuan menulisnya gak berubah-ubah (Baca : Grammar-nya yang salah) dan juga beberapa fanficnya abal-abalan. Saya tadi melihat profilnya dia. Dan profilnya diperbarui pada tanggal 14 Agustus 2010 (Lumayan lama :shock: ). Alasan dia berhenti menulis adalah sesuatu yang menjengkelkan. Mungkin dia menyesal buat fanfic seperti itu. :nods:

b. Ada yang fenomenal lagi. Namanya SUPER ULTRA CUTE LOVELY GIRL. Lihat profilnya di sini. Mungkin kalian melihat fanficnya hanya ada satu. Tapi katanya dulu dia punya beberapa fanfic. Sekarang (mungkin) dia sudah hapus fanficnya. Lihat aja alasannya di review fanficnya.

Lalu ada juga salah satunya di Fandom Hetalia. Lihat di sini.. Dia mem-pairingkan dirinya dengan beberapa karakter Hetalia. Bahkan, di fanficnya dia dikritik abis-abisan. T_T Lihat saja reviewnya. Pasti tahu setelah itu.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
ZetaBoards - Free Forum Hosting
Create a free forum in seconds.
Learn More · Sign-up for Free
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply
  • Pages:
  • 1
  • 13


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone