Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
menurut kamu...; ~diskusi bebas pendapatmu tentang fanfic
Topic Started: 28 Dec 2007, 11:53 PM (9,622 Views)
Sky
Member Avatar
Free to unleash what I have in mind, is what I call as freedom
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Setuju ama yang di atas, jumlah review banyak bukan berarti fic itu bagus. contohnya banyak kok fic-fic dengan review banyak ternyata review itu berupa flame semua. Fic bagus itu bila orang-orang memiliki anggapan positif pada fic itu, contohnya dengan memfollow fic itu atau bahkan reader memfollow author-nya. Itu sih menurutku
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Sky
Member Avatar
Free to unleash what I have in mind, is what I call as freedom
[ *  *  *  *  *  *  * ]
Seseorang yang juga author di FFN pernah mengatakan padaku "Seorang penulis itu akan mengeluarkan apa yang ia imajinasikan dengan cara yang bertanggung jawab. Ia menulis bukan karena ingin menjadi terkenal ataupun dipuji oleh orang lain. Seorang penulis yang bijak itu juga tidak akan mempedulikan bila ia mendapatkan review yang berisi pujian atau cercaan sekalipun. Bagi mereka, karya yang mereka publish itu disukai oleh pembaca itu saja sudah cukup, tidak lebih dari itu."
Dari kata-kata temanku tersebut, aku mulai belajar kalau review yang ada dalam kotak review bukanlah segala-galanya. Cukup di favorite-kan ataupun difollow sudah menjadi kata "cukup" buatku.
Tidak perlu kecewa atau "mencak-mencak" ketika kita tahu kota review kita sepi pengunjung. Semuanya adalah sama
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Sky
Member Avatar
Free to unleash what I have in mind, is what I call as freedom
[ *  *  *  *  *  *  * ]
pindanglicious
25 Feb 2014, 07:10 PM
tbh, kadang saya juga kesel banget sama jumlah review. kenapa yang lain bisa banyak sedangkan saya nggak? but at least, i have to be grateful, yes? berapapun banyak review, harus disyukuri.
Hahahaha, aku dulu (waktu zamannya jadi author baru) juga merasakan hal yang sama. Setiap selesai publish pasti satu jam sekali akan tengok email atau profil untuk melihat apakah cerita yang aku publish sudah dapat review apa belum. Dan iya sih, rasanya sedikit kecewa juga saat cerita tersebut tidak dapat review, secuil pun tidak dapat sampai pada keesokan harinya. Tapi itu dulu, waktu zamanku masih labil-labilnya.
Tapi setelah cukup mengerti dan menghuni dunia FFN cukup lama, akhirnya aku pun sadar kalau review tidak lebih dari sekedar pendapat dari para pembaca. Itu bukan segala-galanya, akhirnya perasaan sadar pun menghampiri. Cukup cerita itu dibaca oleh para reader dan mereka menyukainya pun sudah lebih dari kata cukup bagiku sekarang ini, dan sampai di fave serta difollow pun sudah membuat aku bangga alias senang.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Sky
Member Avatar
Free to unleash what I have in mind, is what I call as freedom
[ *  *  *  *  *  *  * ]
pindanglicious
19 Mar 2014, 11:53 AM

bukan maksud menyinggung, ini pure curiosity. menurut kalian, fic yang make format chara x readers itu sah-sah saja atau nggak? :o apa nggak ngelanggar GL? soalnya saya nemu GL tentang ini, bunyinya:
"Any form of interactive entry: choose your adventure, second person/you based, Q&As, and etc."

nah apa itu ngelanggar GL yang second person/you based dan yang choose your adventure?
Aku mau menanggapi pertanyaan yang dilontarkan oleh Rin mengenai chara x reader yang sering kita baca di beberapa fandom. Di sini aku bukan orang sepuh yang berkecimpung di dunia ffn, jadi ini hanyalah opiniku saja yang bisa aku tulis. Kebanyakan chara x reader itu tagnya adalah nama chara-nya serta OC, lebih mirip ke arah chara x OC yang menurutku sah-sah saja dan kebanyakan para penulis akan menggunakan sudut pandang orang pertama dalam penulisannya.
Tokoh OC yang menjadi tokoh utama itu kan bisa dikatakan sebagai diri author/ pembaca yang masuk ke dalam cerita, dan hal ini juga mirip dengan reader x chara dengan bahasa yang beda. Kurasa tak masalah sih bila ada penulis yang memasukkan chara x reader asalkan penulisannya itu menggunakan bahasa yang baik dan benar serta pemilihan sudut pandangnya itu tepat
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
ZetaBoards - Free Forum Hosting
Free Forums. Reliable service with over 8 years of experience.
Learn More · Register for Free
« Previous Topic · Fanfiction Free Discuss · Next Topic »
Add Reply


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone