Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
Silahkan bertanya ;); ~ada yg tidak dimengerti?
Topic Started: 21 Oct 2007, 11:50 AM (29,791 Views)
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Setahu saya sih nggak bisa. Biasanya, kalau ada yang nekat ngasih link di cerita, tiap dot atau slash dikasih spasi, biar nggak teridentifikasi sebagai link.

Kalau masalah boleh atau tidak... Well, kalau pas di-publish nggak kebaca, berarti niatnya untuk mencegah adanya link kan? Berarti nggak boleh .___.

CMIIW.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Ngg, saya coba jawab dikit ya.

1. Apakah fokus ceritanya tentang kehidupan si A di dunia yang baru itu? Kalau iya, menurut saya itu jatuhnya AU.

2. Itu masih masuk crossover. Yaah, walaupun saya sendiri nggak kenal dengan dunia crossover sih. Ahli Xover silakan kemari ;___;
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Quote:
 
oya, seirama(?) dengan contoh Narto dapet buku Detnot di Konohagakure,
fic tentang di Konohagakure lagi booming twitter/facebook, masuknya apa?
ato ada fic tentang para shinobi Konohagakure mengadakan lebaran?
ato pada ikutan kuis2 teletipi? settingnya masih di Konohagakure lho, dengan kunai dan shuriken bertebaran juga.
termasuk AU? *beneran bingung*

Ngg, ini juga yang saya binguuung. Masuk ke mana ya?
K-karena dunianya masih dunia Naruto, maka nggak bisa disebut AU. Tapi jelas-jelas aslinya di sana nggak ada facebook/lebaran, jadi... mungkin disebut semi-AU.
Mungkin.

Semi-AU dan semi-canon, itu sama gak sih? #gakmutu
Edited by Ann-chAn, 2 Nov 2011, 02:09 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Pengertian canon itu sebetulnya "benar-benar terpampang dengan jelas dan tidak ambigu di dalam karya asli; suatu fakta yang sudah diakui oleh author/creator aslinya". ini bahasa saya sendiri ya, agak ngawur mungkin, tapi intinya begitu lah

Jadi kalo ada istilah "Tidus/Yuna itu canon!" maksudnya di dalam seri FFX, mereka memang dikondisikan sebagai pasangan, bukan hanya spekulasi dari para fans.

Semoga membantu ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Rira
 
Apakah yang dimaksud dengan fic fantasi?

Kalau menurut Kamus Fanfiction, genre Fantasy adalah "fanfict yang mana author menciptakan sendiri dunianya, sebuah alternative dunia yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu. Biasanya melibatkan sihir, unsur mistik, atau hal-hal supranatural. Contoh: dongeng-dongeng."
Jadi kurang lebih, kalau dunianya tidak masuk di akal rasional manusia, itu termasuk fantasy.
Rira
 
Tetapi kupernah baca fic pendek tentang orang yg sedang bermimpi berjalan-jalan di awan dan bertemu pasangannya dan genre fic itu adalah fantasi, padahal sama sekali tidak ada hubungannya dengan dewa/dewi/peri dsb.
Nah, karena dia berjalan-jalan di awan, maka dunianya adalah buatan si author, sekaligus tidak masuk rasio manusia. Karena itu, sah-sah saja bila masuk genre Fantasy.

skyesphantom
 

sehubung dengan pertanyaan di atas ini, genre Fantasy itu bisa ngga sih kayak:

Conan minum penawar aptx untuk mengembalikan tubuhnya, tapi malah berubah jadi cewe.
Hmm, kalau ini saya kurang yakin. Kalau menurut pengertian saya, fantasy itu lebih ke dunianya (setting secara keseluruhan) yang nggak masuk akal.
Jadi kalau cuma berubah menjadi cewek, itu belum masuk Fantasy. Bisa-bisa ntar semua fanfiksi masuk genre Fantasy dong, habisnya fanfiksi itu kan hasil imajinasi dan fantasi para penulisnya XD /plak

waaaa maaf banget buat rira sama skyesphantom, baru dijawab setelah berbulan-bulan >.<

the-antabellum
 
kalau mau masukin link ke profile ffn dan siggy gimana caranya ya? Maklum saya gak ngerti.

Ini maksudnya gimana ya? Masukin link menuju ke profile ffn di siggy, atau caranya masukin link biar muncul di profile ffn dan di siggy?? :hurry:
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Jadi kamu masuk ke profile editor ya.
Trus blok tulisan yang mau dikasih hyperlink. Nanti ikon bentuk rantai (kedelapan dari kiri) bakal nyala/bisa diklik. Nah, klik aja ikon itu. Nanti muncul kotak dialog Insert/Edit Link. Isi kolom-kolom yang ada di situ. Klik Insert.
Jadi deh :)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Raiha Laf Qyaza
 
Bedanya genre Parody sama Humor apa? Dan bedanya Angst sama Hurt/Comfort? Terima kasih ( ._.)

Yep, seperti kata Shiue di atas. Parody itu lebih ke 'memelesetkan' jalan cerita (tapi menurut hemat saya, bukan hanya jalan cerita canon yang dipelesetkan. Bisa juga jalan cerita buatan si author, tapi gaya penceritaannya itu serius-berubah-jadi-lucu, if you know what I mean). Sementara kalau Humor, jangkauannya lebih luas. Segala jalan cerita yang bisa menimbulkan tawa adalah Humor.
Kalau saya sih, kadang membedakannya begini. Parody itu ceritanya maksa. Humor itu ceritanya santai. Finish.
/dilempar

Nah, kalau Angst-Tragedy-H/C ini memang sempat bikin saya konflik batin juga. /eaa
Saya juga baca twitnya mimin fanficmini yang disebutin Quint di atas. Dan sebagai siswa yang mendapat pelajaran bahasa Jerman di sekolah, saya setuju. Angst itu artinya takut/cemas. Jadi sebetulnya genre Angst adalah jalan cerita yang fokus pada perasaan negatif yang berlarut-larut. Belum tentu sad ending.
Yang punya ending sedih mestinya adalah Tragedy. Dari artinya aja ya, berarti genre ini isinya kisah yang tragis (entah secara literal maupun secara kebatinan si tokoh).
Kalau Hurt/Comfort, genre yang didominasi perasaan terluka yang kemudian di-comfort oleh sesuatu/seseorang. Makanya, biasanya punya happy ending walaupun awalnya bertangis-tangis ria.

Yak, itu menurut pandangan saya selama ini. Kalau betul ya syukur, kalau salah silakan dibetulkan :)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
ShiueFha-chan
 
Nah, tapi kalau begitu, apa fic yang bercerita tentang kecemasan yang nggak terbukti dan akhirnya bukan sad ending termasuk fic bergenre Angst? (Kelihatannya harus ada yang menjelaskan lebih lanjut tentang genre Angst deh...)

Kalau menurut saya, iya. Seperti kata saya di atas, genre Angst belum tentu sad ending.
Kalau soal penjelasan genre... saya juga pengen dapat penjelasan langsung dari yang masukin genre itu ke FFn (alias penjelasan langsung dari founder/admin) :P
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
Ann-chAn
Member Avatar
Kirei na koe de
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
MizuRaiNa
 
Saya mau nanya. Kalo genre western itu apa? Kayak gimana?

Hmm, saya juga nggak mendalami sih. Yang saya tahu, genre western mengusung tema-tema yang khas amerika zaman dulu; semacam koboi, indian, dan sekitarnya. Kalau lebih jelasnya.... tanya juri IFA yang bagian western aja :D

holmes.app.rent.ice
 
1. OOC itu sebenarnya baik atau buruk?
2. Sebenernya songfic itu dibolehin gak sih? Aku emang tau itu gak dibolehin, tapi pendirianku jadi goyah /caelah ketika ngeliat banyak banget temen-temen yang nulis songfic... Jadi, songfic itu boleh gak sih?

1. OOC, alias out of character, adalah keadaan di mana seorang karakter bertingkah tidak sesuai dengan sifat aslinya. Misalnya, kita tahu kalau Naruto itu dibuat oleh Kishimoto-sensei sebagai anak yang bodoh dan urakan. Tapi kita bikin fanfiksi di mana Naruto adalah detektif jenius yang kalem dan cool. OOC deh.
Nah, untuk baik dan buruk... jelas buruk ya. Karena kita membuat fanfiksi kan dalam rangka mengapresiasi karya buatan orang lain. Kalo kita bikin karakter buatan orang lain itu jadi OOC, berarti tujuan awal itu hilang dong?
Memang, kadang kita perlu membuat karakter jadi sedikit OOC demi jalan cerita fanfiksi kita, tapi tetap ada batasan untuk itu. Dan seenggaknya, walaupun OOC, sebisa mungkin dibikin yang masuk akal gitu :DD

2. Secara umum, songfic itu boleh. Siapa bilang nggak boleh? :D
Yang nggak boleh adalah publish songfic di situs Fanfiction.net. Karena dalam guidelines FFn, kita dilarang mencantumkan sebagian atau seluruh lirik lagu dalam cerita.
Jadi, kalau kamu mau bikin songfic, silakaaan~ Tapi jangan publish di FFn. Masih banyak tempat publish lain, seperti AO3, blog pribadi, maupun forum2 dan situs2 lain.

Semoga membantu yaa :)
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you
« Previous Topic · Fanfiction...? · Next Topic »
Add Reply


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone