Cute Green Pencil
Welcome Guest [Log In] [Register]
Infantrum adalah singkatan dari Indonesian Fanfiction Author Forum yang didirikan oleh Arialine pada tanggal 7 September 2007. Forum ini dibuat untuk menjadi wadah bagi penulis, pembaca, dan penikmat fanfiksi Indonesia secara umum. Di sini Anda bisa berkenalan dengan berbagai author dari bermacam-macam fandom dan berdiskusi tentang banyak hal, khususnya tentang fanfiksi. Infantrum juga merupakan pemrakarsa Indonesian Fanfiction Awards (IFA).

Kami harap Anda menikmati kunjungan Anda.

Bagi Anda yang belum menjadi member, silakan bergabung dengan kami di sini agar bisa mengakses keseluruhan forum. Kami menggunakan sistem admin approval sehingga Anda harus menunggu dulu registrasi Anda di-approve, tapi jangan khawatir, Admin selalu rajin mengecek antrean approval.

Sebelum memulai kegiatan berforum Anda, harap baca dulu peraturan Infantrum di sini.

Jika butuh bantuan, silakan hubungi staff Infantrum.

Enjoy~!!

Posted Image

Username:   Password:
Add Reply
Silahkan bertanya ;); ~ada yg tidak dimengerti?
Topic Started: 21 Oct 2007, 11:50 AM (29,474 Views)
GunZ
Member Avatar
Can you seize the day?
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Salah. ZOMG itu awalnya gara-gara ada yang mau neken tombol shift yang kiri buat nulis OMG, tapi karena suatu hal keteken huruf z yang ada di sebelah shift. Jadilah yang ketulis ZOMG bukan OMG.

Internet urban myths ^^
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
GunZ
Member Avatar
Can you seize the day?
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Preambule = Pembukaan, as in "pembukaan UUD 45".
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
GunZ
Member Avatar
Can you seize the day?
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Gw punya pertanyaan.

Anggaplah gw punya fic yang lumayan menarik dalam bahasa Indonesia, terus ada temen gw yang tertarik pengen baca tapi ga bisa bahasa Indonesia sama sekali... dia bisanya bahasa Finnish misalnya. Berhubung Babelfish masih belum menjadi Babelfish yang sebenarnya, maka pastinya lebih enak kalau kita nerjemahin pake tangan a.k.a. bikin entri lain. Kalo cerita itu gw terjemahin ke bahasa Finnish trus posting di ffn, itu teknisnya gimana ya? Apa gw menyalahi peraturan yang ini?

Codex: Fanfictionus
 
Actions not allowed:
1. Multiple entries of the same material. There can only be one copy of any unique story on the entire site. No exceptions.


Karena sebenernya kan esensinya itu cuma sesuatu dari satu bahasa yng diterjemahin ke bahasa lain. Intinya sih sama aja, Narto nyuci one-piece pake Bayclin, misalnya.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
GunZ
Member Avatar
Can you seize the day?
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Gary Stu itu cuma sebutan untuk Mary Sue cowok. Ada juga yang menyebutnya Marty Stu atau Marty Sue. Esensinya sih sama aja.
Edited by GunZ, 30 Oct 2011, 09:56 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
GunZ
Member Avatar
Can you seize the day?
[ *  *  *  *  *  *  *  *  *  * ]
Moonlight Selenia
29 Oct 2011, 08:59 PM
Mau tanya masalah AU dan AR, juga crossover.

1) AU itu singkatan dari Alternate Universe, dan AR itu Alternate Reality.

AU itu kalau misalnya dunia yang ada dalam fanfiksi yang dibuat itu benar-benar beda dari dunia dalam canon-nya, sementara AR itu kejadian yang ada di dalam canon 'dimelencengkan' dari apa yang terjadi sebenarnya. Sejauh itu saya sudah benar atau malah belum? orz?

Nah, bagaimana kalau misalnya yang terjadi seperti ini:
Di dalam canon, karakter A ditakdirkan untuk mati, tapi dalam fanfiksi karakter A itu diselamatkan dari kematiannya oleh karakter B dengan cara si A dikirim ke dunia paralel lain. Dunia paralel itu dunia yang benar-benar berbeda dengan dunia di canon, dan fanfiksi itu terus berlanjut tentang kehidupan si A yang menetap di dunia paralel tersebut.

Apa itu masuknya AU atau tetap AR?

Yang ini kayaknya udah jelas dijawabnya ama post diatas saya yang AU/AR/AT. Istilah AU ama AR sendiri kan udah dikatakan dapat saling menggantikan.

Moonlight Selenia
29 Oct 2011, 08:59 PM
2) Fanfiksi yang seperti apa yang bisa dicap sebagai fanfiksi crossover dan mengharuskan fanfiksi tersebut untuk berada di bagian crossover FFN? Kalau hanya seorang karakter dari fandom lain muncul sepintas sebagai cameo maka fanfiksi itu dikategorikan sebagai crossover? Bagaimana jika suatu fanfiksi AU hanya meminjam dunia/sistem dari fandom lain?

Misal: dalam suatu fanfiksi, karakter dari fandom Katekyo Hitman Reborn! tidak terlibat mafia, melainkan memiliki kekuatan untuk men-summon Persona dan melawan Shadows. Karakter dari fandom Megami Tensei / Persona series itu sendiri tidak pernah muncul dalam fanfiksi itu. Apakah fanfiksi itu jatuhnya pada crossover atau pada AU?

Nah, yang ini sih menurut saya terserah penulis. Kalo penulis pengen naruh di crossover (dengan resiko pembaca lebih sedikit), boleh karena memang ada unsur crossover-nya. Kalo mau ditaruh di fandom primer (kalo menurut contoh diatas ya KHR, karena karakter yang dipake kan karakter KHR) itu terserah penulis. Resikonya ya pembaca bakal bertanya-tanya sendiri kalo ga dijelasin gimana para karakter KHR bisa make ability a la Persona.
Edited by GunZ, 2 Nov 2011, 06:39 PM.
Offline Profile Quote Post Goto Top
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
« Previous Topic · Fanfiction...? · Next Topic »
Add Reply


AFFILIATES
Aussie Battle Royale RPG Love and War Image and video hosting by TinyPic The Puppet Masters Image and video hosting by TinyPic Purple Haze Sasuke and Naruto Shrine VongolaIndo Al'loggio DIGIMON PHENOMENA Naruto Nippon affliates Photobucket Photobucket Romance Dawn OTL Indo Forum Al Revis Academy Fairy Dreamland Indo_Kfics @ livejournal Winterblossom A Thousand Islands Abyss In The Secrets Forum Once Upon a Sea
Infantrum

Blue Winter created by Lydia of ZetaBoards Theme Zone